PERAN GURU BERLATARBELAKANG PENDIDIKAN BERBEDA DALAM PERKEMBANGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.36769/asy.v22i2.161Kata Kunci:
Guru, berlatar belakang pendidikan berbeda, keberhasilan belajar, Teacher’s role,, different educational backgrouds, learning motivationAbstrak
Abstract: The learning carried out by the teacher in the classroom must develop the quality of learning, one of which is learning motivation, students who are not passionate about learning are not optimal and of high quality, from this goal the reality is still far from expectations, many students are not aware of the importance of studying seriously, there is no passion study, there is no fun in the study room. The sampling technique used is Census Sample (Sample Saturated), while criterion-based selection is used when conducting qualitative research, 30 students as primary data sources, two teachers as secondary data sources. Data collection techniques using in-depth interviews, observation, documentation and questionnaires, while data analysis by reducing data, presenting data, drawing conclusions and verification by means of research stages I and II students and teachers with a Da'wah educational background, stage III and IV student informants and teachers with PAI educational background.
Referensi
Abdullah , M. Yatimin. 2006. Studi Islam Komtemporer. Jakarta : AMZAH.
Ali Khan Shafique. 2005. Filsafat Pendidikan Al-Ghazali. Bandung : Pustaka setia.
A.M Sardiman. 2001. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arikunto Suharsimi. 1996. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Athiyah Al-Abrasi Muhammad. 1974. Dasar-Dasar Pendidikan Islam. terj. H. Bustami A. Gani dan Johar Bakri. Jakarta: Bulan Bintang.
Sahertian Piet. 2000. Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Bahri Djamarah Syaiful. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif . Jakarta: Rineka Cipta.
Bahri Djamarah Syaiful. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Reneka Cipta.
Barizi Ahmad. 2009. Menjadi Guru Unggul. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
B. Uno Hamzah. 2010. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Creswell, J. W. 2013. Penelitian Kulalitatif & Desain Riset. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.
Daradjat Zakiyah. 2005. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.
Darajat Zakiah. 1995. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Danim Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
E. Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamalik Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Heidjrachman dan Suad Husnan. 1997. Manajemen Personalia. Yogyakarta: BPFE.
Iman BarnadibSutari. 1982.Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis. Yogyakarta:Andi Offset.
Jihat Asep. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
John W. Santrock, Psikologi Pendidikan, terj. Tri Wibowo,
Kurniawan Deni. 2011. Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Pustaka Cendekia Utama.
Nahlawi Al Abdurrahman. 1989. Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga. di Sekolah dan Masyarakat. terj. Herry Noer Ali. Diponegoro: Bandung.
Roestiyah, NK. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rosyada Dede. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis. Jakarta : Kencana.
Sherwood Lauralee. 2012. Fisiologi Manusia dari Sel ke Sistem. Jakarta: EGC.
Subini Nana. 2012. awas, Jangan Jadi Guru Karbitan!: kesalahan-kesalahan Guru dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Jogjakarta: Javalitera.
Supriadi Dedi. 1999. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta : Adicita Karya Nusa.
Sudjana Nana. 2000. Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana Nana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sutopo Heribertus. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.
Syah Muhibin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo.
W. S. Winkel. 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Yamin Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.
Yaumi Muhammad. 2013. Prisip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Zan Piester Herri. 2012. Pengantar Komunikasi & Konseling Dalam Praktek Kebidanan. Jakarta: Prenada Media Group.
Almaydza Pratama Abnisa, Konsep Motivasi Pembelajaran, Jurnal Ay-Syukriyah Vol. 21 Nomor 2 Oktober 2020
Alwazir Abdusshomad, Pentingnya Penerapan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran, Jurnal Asy-Syukriyah Vol. 19 Nomor 1 Februari 2018
Aris Setyawan, Efektifitas Metode Dicovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa, Jurnal Asy-Syukriyah, Vol. 20 Nomor 2 Oktober 2019
Asep Muljawan, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengelola Sekolah Efektif, Jurnal Asy-syukriyah Vol. 19 Nomor 1 Februari 2018
Asep Muljawan, Model dan Strategi Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Jurnal Asy-Syukriyah Vol. 20 Nomor 2 Oktober 2019
Destiani Rahmawati,Preparation ff Paper For2nd Icel 2014 The Effectiveness Of Using Cooperative Learning Type Number Heads Together (Nht) Improving Reading Comprehansion Of The Students At Smp N 20 Tangerang, Jurnal As-Syukriyah Vol. 12 Edisi April 2014
Mohamad Najib, Konsep dan Strategi Menciptakan Pendidikan Karakter di Madrasah, Jurnal Asy-Syukriyah Vol. 22 Nomor 1 Januari - Juni 2021
Muh Muaidi, Motivasi Belajar Bahasa Inggris Praja Pada Institut Pemerintahan dalam Negeri (IPDN) Kampus Nusa Tenggara Barat, Jurnal Ay-Syukriyah Vol. 20 Nomor 1 Februari 2019
Ike Hilatun Nisa, Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Persepsi Atas Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Sosiologi, Jurnal Asy-Syukriyah Vol. 21 Nomor 2 Oktober 2020
Rahmat Solihin, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Tahfidz Al-Quran di Sekolah Dasar, Jurnal Ay-Syukriyah Vol. 21 Nomor 2 Oktober 2020
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Zuhri Fahruddin
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.