PERAN AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGARUH LITERASI TERHADAP KEPERCAYAAN MUZAKKI (STUDI PERSEPSI PADA LAZISMU UHAMKA)
DOI:
https://doi.org/10.36769/asy.v22i2.194Kata Kunci:
literasi,, kepercayaan, akuntabilitas, transparansiAbstrak
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran akuntabilitas dan transparansi laporan keuangan sebagai variabel intervening pada pengaruh literasi keuangan terhadap kepercayaan muzakki pada lembaga pengelola zakat. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh muzakki pada Lazismu Uhamka. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode kuesioner. Metode analisis data pada penelitian ini yaitu analisis analisis jalur yang diolah dengan program SPSS 23. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa literasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan muzakki pada Lazismu Uhamka. Akuntabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan muzakki pada Lazismu Uhamka. Transparansi laporan keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan muzakki pada Lazismu Uhamka. Akuntabilitas berpengaruh positif dan signifikan dalam memediasi peran literasi terhadap kepercayaan muzakki pada Lazismu Uhamka. Transparansi laporan keuangan berpengaruh positif dan signifikan dalam memediasi peran literasi terhadap kepercayaan muzakki pada Lazismu Uhamka.
Referensi
Ahmad, Sanep dan Wahid, Hairunnizam. 2018. Persepsi Agihan Zakat dan Kesannya terhadap Pembayaran Zakat Melalui Institusi Formal. Jurnal Ekonomi Malaysia 39 (2005) 53-69
Amymie, Farhan. 2019. Optimalisasi Pendistribusian Dan Pendayagunaan Dana Zakat Dalam Pelaksanaan Tujuan Program Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah) 17(1):1–18. doi: 10.15575/anida.v17i1.5046.
Ardini, Y., and Asrori. 2020. Kepercayaan Muzakki Pada Organisasi Pengelola Zakat. Economic Education Analysis Jornal EEAJ 9(1):133–49.
BAZNAS. 2019. Indeks Literasi Zakat?: Teori Dan Konsep. Pusat Kajian Strategis Badan Amil Zakat Nasional.
Daulay, Abdul Hafiz, and Ph. .. Irsyad Lubis, SE, M.Soc, Sc. 2006. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keengganan Masyarakat Membayar Zakat Melalui Instansi Bazis/Laz Di Kota Medan. La Sociedad de La Sociedad (38):5–65.
Ikhwandha, Mohammad Fahmi, and Ataina Hudayati. 2019. The Influence of Accountability, Transparency, Affective and Cognitive Trust toward the Interest in Paying Zakat. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia 23(1):39–51. doi: 10.20885/jaai.vol23.iss1.art5.
Inayah, Nurul, and Zahrotul Muanisah. 2018. Hubungan Kepercayaan, Transparansi, Dan Akuntabilitas Terhadap Loyalitas Muzakki Pada Badan Amil Zakat (Studi Kasus Di Kecamatan Tegalsari Banyuwangi). Jurnal Ekonomi Syariah 1(2):17–33.
Istikhomah, Dwi, and Asrori Asrori. 2019. Pengaruh Literasi Terhadap Kepercayaan Muzaki Pada Lembaga Pengelola Zakat Dengan Akuntabilitas Dan Transparansi Sebagai Variabel Intervening. Economic Education Analysis Journal 2(1):18–23.
Nugraha, Eha. 2019. Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi Dan Kualitas Pelayanan Lembaga Pengelola Zakatterhadap Komitmen Muzakki: Kepercayaan Muzakkisebagai Variabel Intervening. Akuntabilitas 13(2):167–86. doi: 10.29259/ja.v13i2.9592.
Nurhasanah, Siti, and Suryani. 2018. Maksimalisasi Potensi Zakat Melalui Peningkatan Kesadaran Masyarakat. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam) 3(2):185. doi: 10.15548/jebi.v3i2.177.
Puskas BAZNAS. 2021. Outlook Zakat 2021.
World Population Review. 2021. “No Title.”
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Ade Maya Saraswati, Meita Larasati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.