ANALISA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS NASABAH PENGGUNA MOBILE BANKING BANK SYARIAH INDONESIA

Authors

  • Evan Hamzah Muchtar STAI Asy-Syukriyyah
  • Muhammad Nurul Alim STAI Asy-Syukriyyah
  • Nikmatul Nurjannah STAI Asy-Syukriyyah

DOI:

https://doi.org/10.36769/ibest.v1i2.251

Keywords:

Analisis Faktor, Loyalitas Nasabah, Mobile Banking

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kenaikan pada pertumbuhan transaksi mobile banking dari tahun 2019 (15,4 juta), 2020 (33,8 juta), 2021 (46,4 juta), 2022 (124,54 juta). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pengguna Mobile Banking (Studi Kasus Pada Bank Syariah Indonesia). Responden dalam penelitian ini adalah Nasabah Bank Syariah Indonesia yang menggunakan aplikasi mobile banking. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode purposive sampling, total sampel yang diambil dari penelitian ini adalah 100 responden nasabah Bank Syariah Indonesia. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 22 dan dianalisis dengan analisis regresi linier beganda. Analisis ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas, uji Ttest, uji Ftest, analisis regresi linier berganda, uji R (koefisien determinasi).adapun hasil dari penelitian ini adalah ada 3 faktor yang mempengaruhi loyalitas nasabah  yakni citra merk,kualitas pelayanan, dan kepercayaan.

References

Almadea Rury, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Nasabah Produk Penghimpun Dana Bank BNI Syariah Kantor Cabang Pekanbaru),” Jom FISIP 4, no. 2 (2017): 10, https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/20445.

Arif Mohammad Sony Zakiyuddin, “Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Produk Tabungan Emas Pegadaian,” Jurnal Ilmu Manajemen (JIM) 8, no. 2 (March 22, 2020), https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/32397.

Arif Mohammad Sony Zakiyuddin, “Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Produk Tabungan Emas Pegadaian,” Jurnal Ilmu Manajemen (JIM) 8, no. 2 (March 2 2, 2020), https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/32397.

Chiguvi, Doughlas, and Paul T Guruwo. "Impact of Customer Satisfaction on Customer Loyalty in The Banking Sector." International Journal of Scientific Engineering and Reaserch.2017

Hadi Syamsul and Novi, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Layanan Mobile Banking,” Optimum: Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan 5, no. 1 (March 1, 2015): 55–67, http://journal.uad.ac.id/index.php/OPTIMUM/article/view/7840.

Kotler, Philip and Amstrong, Gerry. “Prinsiples of Marketing.” Pearson Prentice Hall. Ney Jersey. 2011

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. Marketing Management. 14th Edition.Prentice Hall New Jersey. 2012

Kristianto Agustinus Dwi and Triyono Arief Wahyudi, “Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Pada Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan,” Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis 2, no. 2 (2019): 117–26, https://doi.org/10.36407/jmsab.v2i2.74.

Priansa, D.J. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta. 2017.

Putera Adhitya Kelana and Wahyono, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen,” Management Analysis Journal, 2018, 111–19, https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/20445.

Rahi Samar, “Impact of Customer Value, Public Relations Perception and Brand Image on Customer Loyalty in Services Sector of Pakistan,” Arabian Journal of Business and Management Review, August 20, 2016, 6, https://doi.org/10.4172/2223-5833.S2-004.

Ratnasari Ririn Tri dan Nastuti Aksa. “Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa, Cet.1. Ghalia Indonesia. Bogor. 2011

Sari Nuri Anjar and Susi Indriyani, “Pengaruh Syariah Marketing, Kualitas Pelayanan, Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Bandar Lampung,” Jurnal Enterpreneur Dan Bisnis (JEBI) 1, no. 1 (April 25, 2020): 81–92, http://jurnal.umitra.ac.id/index.php/JEBI/article/view/359.

Sigit Kharisma Nawang and Euis Soliha, “Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah,” Jurnal Keuangan dan Perbankan 21, no. 1 (January 2017): 157–68, https://www.neliti.com/id/publications/116364/.

Tiana Ika Maret, RR Yulianti Prihatiningrum, and Ahmad Rifani, “Pengaruh Benefits Offered Aplikasi Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah, Kepercayaan, Loyalitas Dan Positive Word Of Mouth (WOM),” JABE (Journal of Applied Business and Economic) 5, no. 4 (August 29, 2019): 351–64, https://doi.org/10.30998/jabe.v5i4.4184.

Utami Meliana, Tati Handayani, and Pusporini, “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah,” Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics (CIMAE) 2 (2019): 170–78, https://journal.uii.ac.id/CIMAE/article/download/12853/9455.

Vierdwiyani Deviana and Afriapollo Syafarudin, “Analysis Of Service Quality and Brand Image On Customer Satisfaction Through Purchase Decisions As Intervening Variable (Case Study E-Commerce Shopee At Villa Galaxy Housing Rt 002),” Dinasti International Journal of Management Science 1, no. 6 (July 19, 2020): 802–15, https://dinastipub.org/DIJMS/article/view/390.

Wilson Nicholas, “The Impact of Service Quality and Brand Image toward Customer Loyalty in the Indonesian Airlines Industry,” Jurnal Manajemen Indonesia 18, no. 3 (December 10, 2018): 13, https://doi.org/10.25124/jmi.v18i3.1734.

Yuliansyah Yogi, “Analisis Pengaruh Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Keliurang Yogyakarta,” 2017, 80.

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Hamzah Muchtar, E., Nurul Alim, M., & Nurjannah, N. (2022). ANALISA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS NASABAH PENGGUNA MOBILE BANKING BANK SYARIAH INDONESIA. I-BEST: Islamic Banking &Amp; Economic Law Studies, 1(2), 87–102. https://doi.org/10.36769/ibest.v1i2.251