KONSEP KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DALAM AL QUR’AN

Authors

  • Zuhri Fahruddin Sekolah Tinggi Agama Islam Perguruan Tinggi Dakwah Islam Indonesia (STAI PTDII) Jakarta
  • Mochammad Marjuki Sekolah Tinggi Islam Kendal

DOI:

https://doi.org/10.36769/jiqta.v1i2.288

Keywords:

Konsep, komunikasi pembelajaran, al-Qur'an

Abstract

Komunikasi pada hakikatnya telah tertuang dalam al Qur’an, meskipun tidak secara eksplisit menyebut kata komunikasi, di dalamnya komunikasi disebut dengan Qaulan yang juga berkaitan dengan hubungan kepada orang lain baik dari bahasa atau suara secara verbal atau non verbal.Komunikasi pembelajaran tentu yang dimaksud adalah Guru dan siswa. Metode yang digunakan adalah metode Tafsir Tematik, yaitu suatu metode kajian topic tertentu berlandaskan Al-Qur’an. Pendekatan analisis digunakan untuk memperoleh keterangan yang disampaikan dalam bentuk lambang-lambang yang terdokumentasi baik dalam bentuk buku, majalah, artikel dan lain-lain. Pendekatan ini digunakan ketika penulis berhadapan dengan sebuah teori atau konsep yang baku untuk dianalisa dan dikembangkan menjadi sebuah konsep yang dapat dipahami. Dalam al Qur’an ada istilah Qaulan Balighan, Qaulan Maysuran, Qaulan Kariman, Kriteria Qaulan Kariman, Qaulan Ma’rufan, Qaulan Layyinan, dan Qaulan Sadidan, masing-masing dari kalimat tersebut berbeda arti dan implementasi.

References

A.M. Sardiman 2010. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Aziz Erwati. 2016. Special Methodology Of Interpretation Research. Yogyakarta : Student Library.

Djamarah Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Effendy, Uchjana Onong. 1999. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kurniati DPY. 2016. Modul Komunikasi Verbal dan Non Verbal. Univ Udayana Fak Kedokt.

Munawwir Warson. 1997. Kamus al Munawwir Arab Indonesia Lengkap. Surabaya: Pustaka Progressive.

Rakhmat Jalaluddin. 1996. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

YS. Gunadi. 1998. Himpunan Istilah Komunikasi. Jakarta: Grasindo.

Adman A. Komunikasi Efektif dalam Tim. Manajerial J Manaj dan Sist Inf. 2004;3(1).

AF Wabisono. Guru agama perspektif hasan Langgulung dan undang-undang no 1-4 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Ardana DMJ Swandewi K, . 2017 Komunikasi Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri 2 Silangjana dalam Locus Maj Ilm Fisip.

Juhri AM, Atieka N, AS RD, Implementasi Kemampuan Empati Dan Interaksi Sosial Di Kelas Inklusi Smp Negeri 5 Metro Kota Metro Lampung. J Lentera Pendidik Pus Penelit LPPM UM METRO. 2018;3(1)

Masdul Muh. Rizal, Learning Communication IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman Volume 13, Nomor 02, Juli 2018,

Mulyani F. Konsep Kompetensi Guru dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen (Kajian Ilmu Pendidikan Islam). J Pendidik UNIGA. 2017;3(1)

Pontoh WP. Peranan komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan pengetahuan anak. Acta Diurna Komun. 2013;2(1).

Sumarjo, Ilmu Komunikasi Dalam Perspektif Al-Qur’an Inovasi, Volume 8, Nomor 1, Maret 2011,

Suryadi E, DR Ms. 02 Mengembangkan Kemampuan Berkomunikasi.

Walid A. Peningkatan Kemampuan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Turnamens. Istiqra J Pendidik dan Pemikir Islam. 2016;4(1).

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Fahruddin, Z., & Marjuki, M. (2022). KONSEP KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DALAM AL QUR’AN. JIQTA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(2), 127–143. https://doi.org/10.36769/jiqta.v1i2.288