PENAFSIRAN HAK WARIS PEREMPUAN

Studi Kitab Nazarat Fi Kitabillah Karya Zainab al-Ghazali

Authors

  • Nunung Lasmana STAI Asy Syukriyyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.36769/jiqta.v2i2.396

Keywords:

waris, Zainab al-Ghazali, Nazarat Fi Kitabilla

Abstract

Salah satu pembahasan yang menarik dalam al-Qur’an adalah mengenai hak waris perempuan. Nilai keadilan yang terkandung dalam komposisi pembagian waris 2:1 antara laki-laki dan perempuan masih sering dipertanyakan di kalangan umat muslim. Bagi sebagian mereka, komposisi tersebut masih seolah mendiskreditkan kaum perempuan. Hal ini memicu lahirnya beragam pendapat di kalangan para ulama baik dari kalangan klasik maupun modern. Mereka berupaya memberikan pencerahan terkait konsep ‘adalah yang terkandung dalam pembagian warisan laki-laki dan perempuan. Maka, dalam tulisan ini akan membahas salah satu penafsir dari golongan perempuan yang bernama Zainab al-Ghazali, yaitu seorang penafsir perempuan akhir abad ke-20 dengan karya tafsirnya yang berjudul Nazarat Fi Kitabillah. Berbeda dengan kebanyakan mufassir yang hidup sezaman dengannya, Zainab nampak menolak pembaharuan terhadap hukum waris seperti yang dilakukan oleh kebanyakan kaum feminis. Dalam hal ini, ia tidak memihak kepada subjektivitasnya sebagai seorang perempuan. Menurutnya ketetapan komposisi 2:1 tersebut dilatarbelakangi karena adanya tanggungan dan beban yang berbeda di antara kedua belah pihak. Sehingga ketetapan tersebut dianggap sudah ideal dan proporsional.

References

Al-Ghazali, Zainab. 1994. Nazarat Fi Kitabillah. Beirut: Dar asy-Syuruq.

Al-Isfahani, Ar-Raghib. 1961. al-Mufradat Fi Gharib al-Qur’an. Beirut: Dar al-Fikr.

Ar-Razi, Fakhruddin. T.th. Tafsir Mafathul Ghaib. Beirut: Dar al Kutub.

Ash-Shabuni, Muhammad Ali. 1994. Hukum Waris, terj. Abdul Hamid Zahwan, cet. Ke-1. Solo: Pustaka Mantiq.

Fatihunnada. 2017. Diskursus Pembagian Warisan Bagi Wanita: Kritik Terhadap Tafsir Sosial al-Qasimi dalam Mahasin al-Ta’wil. Jurnal al-Adalah. 14 (1) : 2.

Hakim, M. Lutfi. 2016. “Keadilan Kewarisan Terhadap Bagian Waris 2:1 Antara Laki-laki Dengan Perempuan Perspektif Filsafat Hukum Islam”. Jurnal Ilmu Hukum. 3 (1): 3.

Hamid, Siti Zaharah dan Wan Ramizah Hasan. 2015. Zainab al-Ghazali al-Jubaily dan Tafsir Nazarat Fi Kitabillah: Satu Sorotan. Kuala Lumpur: International Conference on Arabic Studies and Islamic Civilization.

Hasan Bashori, Abu Hamzah Agus. 2005. Relevansi Waris Islam Bias Isu Gender, Egalitarianisme, Pluralisme, dan Ham, as-Sunnah. Jurnal al-Manhaj. IX: VII: 50.

Herri, Sri Hatika. 2019. Zainab al-Ghazali Tokoh Reformasi Islam di Mesir (1917-2005). Skripsi Tidak Diterbitkan. Makassar: UIN Alaudin.

Ilyas, Yunahar. 1997. Feminisme Dalam Kajian Tafsir al-Qur’an Klasik dan Kontemporer. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Katsir, Ibn. Tafsir Ibn Katsir dalam http://www.ibnukatsironline.com/2015/05/tafsir-surat-nisa-ayat-11.html diakses pada tgl 5 September 2023.

Kuncoro, NM. Wahyu. 2015. Waris: Permasalahan dan Solusinya. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Kusroni. 2019. Mengenal Ragam Pendekatan, Metode, dan Corak dalam Penafsiran al-Qur’an”. Jurnal Kaca Jurusan Ushuluddin STAI al-Fitrah. 9 (1) : 103.

Marjuni, Kamaluddin Nurdin. 2009. Kamus Syawarifiyyah: Kamus Modern Sinonim Arab- Indonesia. Ciputat: Ciputat Press Grouf.

Mohammad, Herry, dkk. 2006. Tokoh-tokoh Islam yang Berpengaruh Abad 20. Jakarta: Gema Insani.

Muhsin, Amina Wadud. 1994. Wanita di dalam al-Qur’an terj. Yaziar Radianti. Jakarta: Penerbit Pustaka.

Mursi, Muhammad Sa’id. 2007. Tokoh-tokoh Besar Islam Sepanjang Sejarah. Jakarta: Pustaka al-Kautsar.

Murtadlo, Muhammad Ali. 2018. Keadilan Gender Dalam Hukum Pembagian Waris Islam Perspektif The Theory of Limit Muhammad Syahrur. Tafaqquh: Jurnal Penelitian dan Kajian Keislaman, 6 (1): 76.

Mustaqim, Abdul. 2010. Dinamika Sejarah Tafsir al-Qur’an. Yogyakarta: LkiS.

Mustaqim, Abdul. 2008. Paradigma Tafsir Feminis Membaca al-Qur’an Dengan Optik Perempuan: Studi Pemikiran Riffat Hasan Tentang Isu Gender Dalam Islam. Yogyakarta: Logung Pustaka.

Parman, Ali. 1995. Kewarisan dalam al-Qur’an: Suatu Kajian dengan Pendekatan Tafsir Tematik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ridha, Mohammad Rasyid. 2010. Islam Tafsir, dan Dinamika Sosial: Ikhtiar Memakai Ajaran Islam. Yogyakarta: Teras.

Rini. 2019. Kontekstualisasi Tafsir Feminis Amina Wadud pada Masyarakat Islam di Indonesia. Jurnal Fokus. IV(1) : 77.

Sahabuddin. 2007. Ensiklopedia al-Qur’an Kajian Kosakata. Jakarta: Lentera Hati.

Subhan, Zaitunah. 1999. Tafsir Kebencian. Yogyakarta: LkiS.

Surakhman, Winarno. 1990. Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar dan Metode Teknik. Bandung: Tarsio.

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Lasmana, N. (2023). PENAFSIRAN HAK WARIS PEREMPUAN : Studi Kitab Nazarat Fi Kitabillah Karya Zainab al-Ghazali. JIQTA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2(2), 93–113. https://doi.org/10.36769/jiqta.v2i2.396