GAYA RESOLUSI KONFLIK PESANTREN DI BALI

Authors

  • Haya Haya Universitas Bhakti Indonesia
  • Jamaludin Nibun STAI Asy-Syukriyyah

DOI:

https://doi.org/10.36769/asy.v22i2.192

Keywords:

Gaya, Pesantren, Konflik, Resolusi

Abstract

Riset ini membahas pesantren yang ada di Bali dengan fokus studi pada gaya resolusi konflik dalam perspektif Islam, yaitu tugas pokok dan fungsinya sebagai rahmat bagi seluruh umat manusia. Islam adalah agama damai yang memberikan perlindungan dan rasa aman kepada masyarakat untuk melakukan sesuatu sesuai dengan keyakinannya masing-masing.

Pandangan tersebut mendasari adanya pasal 29 UUD 1945 yang mengharuskan adanya sikap saling menghormati dan menghargai antar sesama manusia tanpa memandang adanya latar belakang SARA. Metode dalam penelitian ini merupakan metode kualitatif dengan dengan field riset yang dimana mengambil dua pesantren yang ada di provinsi bali yakni Pesantren Istiqlal Buleleng dan Bali Bina Insani.

Adapun Hasil Penelitiannya adalah Pertama, varian konflik di Bali adalah horizontal dengan melibatkan komunitas Muslim dan Non Muslim yang terjadi akibat adanya disharmoni dan kesalahpahaman. Kedua, kiai menerapkan pola penyelesaiakan konflik yang bertumpu pada gaya kompromi karena memiliki pemahaman dan keyakinan yang tinggi terhadap kebenaran ajaran agama Islam

References

Atmaja, Nengah Bawa. 2010. Geneologi Keruntuhan Majapahit Islamisasi, Toleransi dan Pemertahanan Agama Hindu di Bali. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baldwin, Timothy T., Bommer, William H. and Rubins, Robert S. 2013. Managing Organizational Behavior. New York, McGraw-Hill Irwin.

Bashori. 2017. “Manajemen Konflik Di Tengah Dinamika Pondok Pesantren Dan Madrasah” Muslim Heritage, Vol.1 nomor 2 November 2016-April.

Bastian A. Reza. 2002. Reformasi Pendidikan. Yogyakarta: Lappera Pustaka Utama.

Chaudhry, Atif Masood And Asif, Rehman. 2015. “Organizational Conflict and Conflict Management; A Synthesis Of Literature”. Journal of Business and Management Research, 9.

Ghorbani, Mahmood And Razavi, Nazanin Homaye. 2011. the study of reletionship between organizational culture and conflict management. Middle East Journal Of Scientific Research 10 (2).

Hasbullah. 1999. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hidayat, Komaruddin at.all. 2001. Agama di engah Kemelut. Jakarta: Mediacita.

Hilmann, Ralph K. 1977. “Four Perspectives On Conflict Management; An Attributional Framework for Organizing Descriptive And Normative Theory”. Paper: Annual Meeting of the Academy Management.

Hilmann, Ralph K. 1977. Developing a Forced-Choice Measure of Conflict-Handling Behavior: The "Mode" Instrument. Journal Educational and Psychological Measurement. Vol. 37, No. 2.

Jannah, Hasanatul. 2015. Kyai, Perubahan Sosial, dan Dinamika Politik Kekuasaan: Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan Vol. 3, No. 1, Juni.

Kenneth, Thomas W. 1992. Conflict and Conflict Management: Reflections and Update, Journal of Organizational Behavior, Vol. 13.

Lexi, Moelong. 1991. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung ; Remaja Rosdakarya.

Lings, Martin. Muhammad; Kisah Hidup Nabi Berdasarkan Sumber Klasik. Jakarta: Serambi.

Ma’arif, Syamsul. 2015. Pesantren Inklusif Berbasis Kearifan Lokal. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Mastuhu. 2003. Menata Ulang Pemikiran Sistem Pendidikan Nasional dalam Abad 21. Yogyakarta: Safiria Insari Press.

Owens, Robert G. 1991. Organizational Behavior In Education. USA: Allyn And Bacon.

Pulungan, J. Sayuthi. 1996. Prinsip-Prinsip Pemerintahan dalam Piagam Madinah ditinjau dari Al-Qur’an. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Riyanto, Yatim. 2001. Metode Penelitian Pendidikan. Surabaya : SIC.

Robbins, Stephen P And Judge. 2014. Timothy A. Essentials of Organizational Behavior. USA: Pearson Education, Inc.

Rodliyah, St. 2012. Partisipasi Masyarakat dalam Pengambilan Keputusan dan Perencanaan di Sekolah. Jember: STAIN Jember Press

Wahid, Abdurahman. 2001. Menggereakkan Tradisi. Yogyakarta: LKiS.

Water, Malcolm. 2003. “Modern Sociological Theory” dalam Nur Syam, “Tradisi Islam Lokal Pesisiran (Studi Konstruksi Sosial Upacara Pada masyarakat Pesisir Palang Tuban Jawa Timur”. Disertasi, Universitas Airlangga, Surabaya.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Haya, H., & Nibun, J. (2021). GAYA RESOLUSI KONFLIK PESANTREN DI BALI. Jurnal Asy-Syukriyyah, 22(2), 135–154. https://doi.org/10.36769/asy.v22i2.192