PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.36769/asy.v24i2.348Keywords:
Keywords: Game online, konsentrasi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai game online, konsentrasi belajar siswa, serta hubungan antara game online dan konsentrasi belajar pada siswa kelas IV MI PP-El Bayan Padangsari Majenang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 52 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Dalam penelitian ini, terdapat dua variabel, yaitu variabel bebas (game online) dan variabel terikat (konsentrasi belajar siswa). Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan game online adalah sebuah permainan video yang dapat dimainkan oleh pemain melalui perangkat seperti komputer, laptop, smartphone, atau gadget. Terdapat dampak positif dan negatif dari bermain game online. Melalui analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara game online dan konsentrasi belajar siswa. Nilai signifikansi yang diperoleh (0,001) lebih kecil dari 0,05, menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara kedua variabel tersebut.
References
Afriani;Afrizawati, ‘Pengaruh Game Online Dan Media Sosial Terhadap’, 1.1 (2022)
Anwar, Nabiel Rifqy, and Evi Winingsih, ‘Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Prestasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Banjar Dimasa Pandemi’, Jurnal BK UNESA, 12.1 (2021), 559–71
Armando, imandestario dwi, ‘Dampak Game Online Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Sma N 4 Kota Jambi Tahun Ajaran 2021-2022 Skripsi’, 2022
Fariha, Amalia Nur, ‘Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik MI Ta’allamul HUda’, 2022
Harun, Faradila, and Lukman Arsyad, ‘Dampak Game Online Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik’, Educator (Directory of Elementary Education Journal), 1.2 (2020), 139–55 <https://doi.org/10.58176/edu.v1i2.79>
Ika Merdekawati, ‘Hubungan Penggunaan Game Online Dengan Konsentrasi Belajar Pada Siswa Sma Negeri 5 Makassar’, Repository Universitas Hasanuddin, 4.1 (2016), 1–23
Luki, Filananoka, Ahmad Maujuhan Syah, ‘Pengaruh Intensitas Bermain Game Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa SMK Al -Ikhlash Dalegan Panceng Gersik’, 01.02 (2020), 112–19
Mohamad Najib;Dahari, ‘Konsep Dan Strategi Menciptakan Pendidikan Karakter Di Madrasah’, 22.1 (2021), 60–73
Mullatifa, Syah Raihan, Akmal Sutja, and Fellicia Ayu Sekonda, ‘Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Di SMK Revany Indra Putra Kota Jambi’, 06.01 (2023), 4957–66
Muzakki, Zubairi, ‘Nomor 2 | Juli-Desember’, Jurnal Asy-Syukriyyah, 22 (2021), 126–34 <https://doi.org/10.36769/asy.v22i2.166>
Nurjanah, Ratih Laily, Sri Waluyo, and Ahmad Fauzi Anggi Ariesta Kusuma, ‘Using Adobe Flash-Based Game to Educate Children about Covid-19’, Metathesis: Journal of English Language, Literature, and Teaching, 4.3 (2021), 249 <https://doi.org/10.31002/metathesis.v4i3.2727>
Qolbiyah, A, ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1.1 (2022), 44–48 <http://jpion.org/index.php/jpi/article/view/15>
Ratna liviani, ‘Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Berdasarkan Perspekstif Filsafat Perenialisme’, 24 (2023), 106–19
Siburian, Eriska, Jontra Jusat Pangaribuan, Antonius Remigius Abi, and Patri Janson Silaban, ‘Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sd’, JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6.5 (2022), 1348 <https://doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8571>
Sugiyono, Metode Penilitian Pendidikan Kuantitatife, Kualitatife, Dan R & D (Bandung: Alfabeta, 2015)
Tono, suwartono, Dasar-Dasar_Metodologi_Penelitian, 2014
Wicaksono, Juniarto Eko, ‘Hubungan Antara Bermain Game Online Dengan Konsentrasi Belajar Pada Siswa SMA Di Kota Surakarta’, 2021
Yusup, Iwan Ridwan, Tuti Kurniati, Ayu Lita Permata Airin, Diana Rahayu, and Livia Fuziawati, ‘Pengaruh Penggunaan Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa SMP’, Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7.1 (2021), 36–39 <https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.763>
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni'am Syafi, Fathurohim Fathurohim, Pipit Muliyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.