PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, KEAMANAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE BANKING PADA PT. BANK SYARIAH INDONESIA DI TANGERANG

Authors

  • Edy Junaedi STAI Asy-Syukriyyah Tangerang
  • Neneng Neneng STAI Asy-Syukriyyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.36769/ibest.v2i1.338

Keywords:

Bank Syariah Indonesia, Mobile Banking, Customer

Abstract

This study aims to investigate the effect of benefits, safety and convenience on customers' interest in using Mobile Banking. The growth of transactions on BSI mobile has increased very rapidly during the Covid-19 pandemic from March 2020 to July 2021, the number of mobile banking users is 2.5 million users with BSI mobile transaction growth of 46.4 million transactions, up to 97.4 %. The increase in mobile BSI transactions was driven by the presence of new habits from Indonesian people during the Covid-19 pandemic and customer financial transaction activities in shopping on e-commerce The research method by collecting data using research questionnaires and data processing using SPSS version 22 The benefits variable has a coefficient value of 0.76, has a positive effect on interest with a significant value of 0.02. The security variable has a coefficient value of 0.169, the Security Perception variable has a positive effect on interest, but not significant with a value of 0.162. The convenience variable gives a coefficient value of .464. Ease has a positive and significant effect of .000 on the interest in using mobile banking. The results of the F count show the number 74.210 and a significant value of 0.000, which is less than the value of 0.5. This means that the independent variables simultaneously or simultaneously affect the dependent variable.

References

Ahmad et all. 2014. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan Dan Ketersediaan Fitur Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking . journal . Universitas Trunojoyo Madura

Al-Arif, M. Nur Rianto .2010. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah . Bandung: Alfabeta,

Al-Quran Dan Terjemahan, h. 374.

Amanullah, Bastian . 2014. Pengaruh persepsi manfaat, kemudahan penggunaan dan kepercayaan terhadap sikap positif penggunaan layanan mobile banking. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Ascarya, Diana Yumanita. 2010. Bank Syariah: Gambaran Umum PUSAT, Pengertian Bank Syariah journal, vol. 14, , bk. 1.

Bachmid, Sofyan. Konsep Kualitas Layanan dan Implikasinya Terhadap Kepuasan Mahasiswa. https://www.academia.edu. Diunduh pada jumat, 29 April 2022.

Bimo, Walgito. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Andi

Davis, “perceived Usefulnes, perceived Ease Of Use, and User Acceptance Of Information Tecnology”, Jurnal Management Information Sytem (Online) Vol.13. No. 3, h 320

Departemen Agama. 2015. Al-Qur’an Dan Terjemahan. Bekasi: Cipta Bagus Segara

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro

Hadi, Syamsul dan Novi. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Layanan Mobile Banking. Skripsi. ,Universitas Islam Indonesia Yogyakata

https://ir.bankbsi.co.id/corporate_values.html ( Diakses pada tanggal 30 maret 2022, jam 17: 38 wib )

https://ir.bankbsi.co.id/vision_mission.html ( Diakses pada tanggal 30 maret 2022, jam 17:15 wib)

https://www.bankbsi.co.id (Diakses pada 02 Januari 2022, jam 11.22 wib)

https://www.bankbsi.co.id/company-information/tentang-kami (Diakses pada tanggal 30 maret 2022, jam 17;06 wib)

Imanto, Tedo.2020.Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Di PT BCA Tbk Kota Malang. Skripsi

Ismail. 2011. Perbankan Syariah. Jakarta: Prenada Media Grup

Juliansya, Arius. 2018. Pengaruh Teknologi Informasi, Kemudahan, Risiko Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking (Nasabah BNI Syariah Palembang). Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah

Karim, Adiwarman .2004. Bank Islam Analisa Fiqh dan Keuangan . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,

Kasmir. 2002. Dasar-Dasar Perbankan . Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Kasmir. 2012. Manajemen Perbankan . Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Kotler, Philip & Gary Amstrong.2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 . Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kusumaningtyas, Rinda Hesti dan Elsy Rahajeng. 2017. Presepsi Nasabah Akan Layanan Atam dan E Banking Dengan Metode Atm. Journal Sistem Informasi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Longgar Bhilawa. 2010. Analisis Penerimaan Mobile Banking (M-Banking) Dengan Pengalaman (Experience) Sebagai Variabel Eksternal Dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Skripsi. Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Maharsi, Sri dan Yuliani Mulyadi. 2007. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking dengan menggunakan Kerangka Technology Acceptance Model (TAM). Journal. Universitas Kristen Petra

Marimin Agus,et.all.2015. Perkembangan Bank Syariah Diindonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam ,STIES. Surakarta

Moleong, Lexy. 2010. Metode Penelitian Bisnis . Bandung: Alfabeta

Mukhtisar, Ismail Sasyid Ridla Tarigan,Evriyenni “Pengaruh Efesiensi , keamanan,dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking Nasabah BSM Banda Aceh. Jurnal Global Perbankan dan Keuangan Islam. UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Nasution. 2012. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara

Priyatno, Duwi. 2016. SPSS Handbook, Mediakom, Yogyakarta

Sanjani, Maria Tika. 2019. Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kegunaan Terhadap Minat Mahasiswa Febi IAIN Bengkulu Menggunakan Internet Banking. Skripsi. IAIN Bengkulu

Saputra, Iwan. 2021. Persepsi Nasabah Pada Layanan Mobile Banking BRI Syariah Kota Bengkulu. Skripsi . IAIN Bengkulu

Shaleh , Abdul ahman dan Muhhib Abdul Wahab. 2004. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media

Subagyo, P Joko. 2004. Metode Penulisan Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis . Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharyadi, Purwanto SK, 2004. Statistik Untuk Ekonomi Dan Keuangan Modern Jakarta: Salemba Empat

Sujarweni, Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi . Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Sumar‟in. 2013. Ekonomi Islam Sebuah Pendekatan Ekonomi Mikro Perspektif Islam .Yogyakarta: Graha Ilmu

Sumitro, Warkum .2002. Asas-Asas Keuangan Islam dan Lembaga-Lembaga Terkait. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada,

Sunarto, Ridwan. 2013. Pengantar Statistika . Bandung: Alfabeta

Suryani, Tatik. 2012. Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran .Yogyakarta: Graha Ilmu

Teguh, Muhammad. 2005. Metodelogi Penulisan Ekonomi Dan Aplikasi . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Undang-Undang No. 10 Tahun 1998

Undang-Undang No.21 Tahun 2008.

W.J.S. Poerwadarminta, 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, Edisi III

Wulandari, Dwitya Pratiwin. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Untuk Menggunakan Layanan Mobile Banking Pada PT Bank Sayaiah Mandiri KC Lubuk Pakam. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

Yaya, Rizal et all. 2016. Akuntansi Perbankan Syariah Teori Dan Praktik Kontemporer .Jakarta: Salemba Empat

Yousafzai et. al. dalam Lallmahamood,,, 2007:h. 7

Downloads

Published

2023-06-21

How to Cite

Junaedi, E., & Neneng , N. . (2023). PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, KEAMANAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE BANKING PADA PT. BANK SYARIAH INDONESIA DI TANGERANG . Islamic Banking &Amp; Economic Law Studies (I-BEST), 2(1), 13–32. https://doi.org/10.36769/ibest.v2i1.338