NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBERDAYAAN KAUM MISKIN PADA PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI
DOI:
https://doi.org/10.36769/ibest.v2i1.339Kata Kunci:
Nilai-Nilai Islam, Kaum Miskin, (PNPM) MandiriAbstrak
Pembangunan negara berkembang selalu dilatarbelakangi oleh permasalahan keterbelakangan, kemiskinan, dan pengangguran. Krisis ekonomi pada pertengahan 1997 menyebabkan peningkatan jumlah penduduk miskin menjadi meningkat. Dampak keseluruhan yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia adalah bertambahnya jumlah rumah tangga miskin di pedesaan maupun perkotaan, rusaknya struktur sosial yang disebabkan hilangnya pekerjaan dan hilangnya kemampuan untuk memenuhi kebutuhan Tujuan riset ini adalah ingin mendeskripsikan Nilai-Nilai Islam dalam Pemberdayaan Kaum Miskin Pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri. Adapun metode penelitian dalam riset ini adalah dengan Library riset. Hasil dari penelitian ini yakni PNPM Mandiri program penanggulangan kemiskinan di perkotaan terdapat nilai-nilai pendidikan Islam, nilai-nilai yang diajarkan dalam PNPM Mandiriprogram penanggulangan kemiskinan di perkotaan adalah sebagaiberikut: Nilai Khuluqiyah dan Nilai amaliyah.
Referensi
Ahmadi, Nor S, MKDU Dasar Dasar Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi, Jakarta: Bumi Aksara, 1991.
Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakir, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006.
Al-Imam Abu Zakaria Yahya Bin Syaraf An-Nawawi diterjemahkan Achmad Sunarto,
Terjemahan Riyadhus Shalihin, Jakarta: Pustaka Amani, 1999.
Arief, Armai, Pengantar ilmu dan metodologi pendidikan islam, Jakart: Ciputat Pers, 2002.
Arifin, H. M., Ilmu Pendidikan Islam Sekolah: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.
Aziz, Erwati, Prinsip-prinsip Pendidikan Islam. Solo: Tiga Serangkai, 2003.
Crescent, Tim, Menuju Masyarakat Mandiri: Pengembangan Sistem Keterjaminan Sosial, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama, 2003.
CSIS, Pemberdayaan Masyarakat Lapis Bawah Center for setrategis and International Studies/ jurnal, 1997.
Daradjat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2004, hlm. 19.
Darmadi, Hamid, Dasar konsep Pendidikan Moral, Landasan Konsep Dasar dan Implementasi,
Bandung: Alfabeta, 2007.
DPU DirJen, Panduan Diskusi Refleksi Kemiskinan, Jakarta: Cipta Karya, 2007.
, Panduan Fasilitasi Rembug Kesiapan Masyarakat.
Jakarta: Cipta Karya, 2007.
, Pedoman Teknis Pelaksanaan FGD Refleksi Kemiskinan,Jakarta: Cipta Karya, 2007.
, Pedoman Umum P2KP 3, Jakarta: CiptaKarya, 2005.
, Petunjuk Pelaksanaan PNPM Mandiri P2KP, Jakarta:Cipta Karya, 2007. Farihah, Irzum, “Strategi Dakwah Di Tengah Konflik Masyarakat“,
Jurnal Addin, Volume 8, Nomor 2, Agustus 2014.
http://www.pnpm_mandiri.org/index.php?option=com_ docman&task=cat_view&gid+51&Itemid=46.
Jalaludin & Abdullah Idi, Filsafat Pendidkan Manusia, Jogjakarta:Ar-Ruzz Media, 2007. Moleong, Lexi, J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT.Remaja Rosda Karya, 1999.
Randy, R.W dan Riant, N.D, Manajement Pemberdayaan: Sebuah pengantar dan Panduan Untuk Pemberdayaan Masyarakat, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2007.
S, Ambar Teguh, Kemitraan dan Model Model Pemberdayaan,
Yogyakarta: Gava Media, 2004
Sumodiningrat, Gunawan, Pemberdayaan Sosial, Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara, 2007.
Usman, Sunyoto, Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2008.
Zed Mestika, Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan OborIndonesia, 2004.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Farhan Kamiluloh, Mohamad Maulidin Alif Utama, Nirwan Nazaruddin
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.