KODIFIKASI TAFSIR SASTRA KLASIK: STUDI BIBLIOGRAFIS
DOI:
https://doi.org/10.36769/jiqta.v1i2.285Kata Kunci:
Tafsir Sastra Klasik, Teori Sastra ArabAbstrak
Al-Qur`an sebagai kitab suci umat islam, merupakan salah satu peradaban, yaitu dari beradaban realitas/konteks ke peradaban teks, sehingga harus ditelusuri konteks seputar diturunkannya al-Qur`an dan kemukjizatan sastrawi teks al-Qur`an. Para penafsir sejak masa klasik sampai modern, tidak pernah meninggalkan analisa bahasa/sastra dalam tafsirnya, hal ini karena medan semantic dalam al-Qur`an sangat dalam dan luas sekali. Tulisan ini akan mencoba menemukan mutiara-mutiara yang terkandung dalam keindahan sastra al-Qur`an. Diawali dari penelusuran historitas sastra arab pra-islam, bagaimana sastra arab mengalami transformasi dengan mengikuti perkembangan zaman. Tulisan ini juga memotret perjalanan teorisasi sastra arab dalam tafsir al-Qur`an. Sehingga dapat dideteksi distingsi antara sastra al-Qur`an dan sastra lainnya.
Referensi
Abu Zayd. Mafhum Nash Dirasah fii Ulum Qur`an. Cairo: Markaz Tsaqafi Arabiy, 1987.
Abu Zayd, Nasr. Al-Ittijah al-‘Aqliyyah fii al-Tafsir. Cairo: Markaz Tsaqafi Arabiy, 1996.
Aini, Adrika Fithrotul. “Kesatuan Surat Al-Qur’an Dalam Pandangan Salwa MS El-Awwa.” SYAHADAH: Jurnal Ilmu al-Qur’an dan Keislaman 3, no. 1 (2015).
Ali al-Jarim, dan Mushtafa Amin. al-Balaghah al-Wadhihah al-Bayan al-Ma’ani al-Badi’. Cairo: Darul Ma’arif, t.t.
Al-Jaahizh, Abu Utsman. Rasa`il Jahizh. Beirut: Dar Kutub Ilmiyyah, 2000.
Al-Sakkaki, Abu Ya’qub. Miftah al-Ulum. Berut: Dar Kutub Ilmiyyah, 1987.
Al-Suyuthi, Jalaludin. al-Muhadzdzab fiima waqa`a fil Qur`an minal Mu’arrab. Saudi Arabia: Shunduq Ihya Turats Islamiy, t.t.
Anbariy, Abu Barakat al-. Nuzhatul Alibba` fii Thabaqaat Adibba`. Jordania: Maktabah al-Mannar, 1958.
Baidan, Nashrudin. Perkembangan Tafsir al-Qur`an di Indonesia. Jakarta: Tiga Serangkai.
Buana, Cahya. “Simbol-simbol keagamaan dalam syair jahiliyah,” 2014.
Hula, Ibnu Rawandhy. “GENEALOGI ORTOGRAFI ARAB (Sebuah tinjauan Historis: Asal-usul, Rumpun Bahasa dan Rekaman Inskripsi).” A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab 9, no. 1 (2020): 16–46.
Ibnu Katsir, Abu Fida`. Qashash Anbiya`. Vol. 1. Makkah: Maktabah Thalib Arabiy, 1988.
Junaidi, Ali. Tarikh Adab Jahiliy. Cairo: Maktabah Dar Turats, 1991.
Jurjani, Abdul Qahir al-. Dala`il I’jaz. Cairo: Maktabah al-Khanji, 1984.
Khulli, Amiin al-. Manaahij Tajdiid fii Nahwi wal Balaghah wal Tafsir wal Adab. Cairo: Darul Ma’rifah, 1961.
Maraghi, Ahmad Mushthafa al-. Ulum al-Balaghah. Berut: Dar Kutub Ilmiyyah, 2002.
Muta’ali, Abdul. “Signifikansi Kajian Bahasa Semit dalam Linguistik Arab.” Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora 1, no. 2 (2011): 119–24.
Qazwainiy, Khathib al-. al-Idhah fii Ulum al-Balaghah. Libanon: Dar Kitab Lubnaniy, 1978.
Setiawan, M. “Al-Qur’an dalam Kesarjanaan Klasik dan Kontemporer: Keniscayaan Geisteswissenschaften”.” Jurnal Studi Al-Qur’an 1, no. 1 .
Sulthan, Munir. Balaghah Kalimah wal Jumlah wal Jumal. Iskandariah: Mansya` Ma’arif, 1996.
Syahin, Abdul Shabur. Tarikh al-Qur`an. Cairo: Nahdhah Masr.
Thabari, Ibnu Jarir ath-. Tarikh Rusul wal Muluk. 1. Cairo: Darul Ma’arif, 1960.
wansbrough, John. Quranic Studi Sources and Methods of Scriptural Interpretation. New York: Prometheus Book, 2004.
Wargadinata, Wildana, dan Laily Fitriani. “Sastra Arab Masa Jahiliyah dan Islam.” UIN Maliki Press, 2018.
———. “Sastra Arab Masa Jahiliyah dan Islam.” UIN Maliki Press, 2018.
Watt, W. Montgomery. Bell’s Introduction to the Qur’an. Edinburg: Edinburg University Press, 1970.
منصور, هديل, dan جهاد نصيرات. “قضايا الفصل والوصل بين الجرجاني والسكّاكي: دراسة بلاغية قرآنية,” 2014.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 JIQTA: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.