ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PENILAIAN TENGAH SEMESTER DI SMAIT ASY-SYUKRIYYAH

Authors

  • Aris Setyawan STAI Asy-Syukriyyah

DOI:

https://doi.org/10.36769/asy.v23i2.197

Keywords:

Model Project based leaning dan penilaian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pengguna model project based learning dalam penilaian autentik di sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Adapun tehnik pengumpulan data adalah melalui wawancara, obserasi, dan dokumentasi. Tehnik analisis dalam penelitian ini adalah menggunakan triangulasi yang memadukan ketiga tehnik pengumpulan data untuk disimpulkan mendapatkan sebuah kesimpulan yang objektif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunakan model project based learning dalam proses penilaian di sekolah sangat efektif. Hal ini disebabkan karena model project based learning tidaka hanya mencangkup aspek kognitif saja melainkan aspek psikomotorik dan afektif.

References

Adhimah, Syifaul. 2020. Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini. Jurnal Pendidikan Aak, Volume 9 (1).

Adianto, Samsul, dkk. 2020. Penilaian Autentik Pada Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. (JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 7 (2).

Afriana, Jaka. 2015. Project Based Learning (PjBL). Retrieved from researchgate:https://www.researchgate.net/profile/JakaAfriana/publication/289526009_PROJECTBASED_LEARNING_PjBL/links/568e835f08ae78cc0515ef3c/PROJECT-BASED-LEARNING-PjBL.pdf, diakses pada 31 oktober 2021.

Handriato, Cipto dan Arinal Rahman. Projrct Based Learning: A Review of Literature on Its Outcomes and Implementation Issue. Jurnal Let : Linguistics, Literature and English Teaching. 8 (2).

Kristanti, Yulita Dyah, dkk. 2016. Model Pembelajaran Proyek (PBL) Pada Pembelajaran Fisika DISMA . Jurnal Pembelajaran Fisika, 5 (2).

Mudarwan. 2017. Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Implementasinya di Sekolah. Jurnal Pendidikan Penabur, (29).

Nisrokha. Authentic Assessment (Penilaian Otentik). Jurnal Madaniyah, 8 (2): 212.

Sari, Anisa Yunita dan Retno Dwi Astuti. 2017. Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Motoric media of teaching-oriented and children, 1 (7).

Susilawati, Aay, dkk. 2017. The Application of Project-Based Learning Using Mind Maps to Improve Students’ Environmental Attitudes Towards Waste Management in Junior High Schools. International Journal of Education 9 (2).

Wajdi, Fathullah. 2017. Implementasi Project Based Learning (PBL) dan Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Drama Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 17(1): 85.

Yulianto, Aris, dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2 (3).

Yusuf, Wiwin Fachrudin. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 (K13) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (SD). Al-Murabbi: jurnal pendidikan agama islam, 3 (2).

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

Setyawan, A. (2022). ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PENILAIAN TENGAH SEMESTER DI SMAIT ASY-SYUKRIYYAH. Jurnal Asy-Syukriyyah, 23(2), 195–202. https://doi.org/10.36769/asy.v23i2.197