Motivasi Belajar Bahasa Inggris Praja Pada Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Nusa Tenggara Barat Tahun Ajaran 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.36769/asy.v20i1.46Keywords:
motivasi, motivasi instrumental, motivasi integratif, IPDN, prajaAbstract
Motivasi telah lama diidentifikasi sebagai salah satu faktor utama yang mempengaruhi pembelajaran bahasa Inggris (Gardner, 1985). Penelitian ini menguji jenis dan tingkat motivasi belajar bahasa Inggris (instrumental atau integratif) dari 41 praja Nindya di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus NTB. Sebuah Survei motivasi yang dimodifikasi dari 20 item yang diadaptasi dari Attitude/Motivation Test Battery Gardner (AMTB) yang sudah dilakukan. Data dianalisis dengan menggunakan frekuensi, persentase, mean aritmetik dan standar deviasi. Temuan utama menunjukkan bahwa praja relatif "sangat" termotivasi sedikit lebih "integratif" untuk belajar bahasa Inggris. Ini mengungkapkan bahwa motivasi integratif adalah faktor yang signifikan bagi praja dalam belajar bahasa Inggris. Berdasarkan temuan penelitian ini, beberapa implikasi motivasi pembelajaran yang relevan dan berguna direkomendasikan untuk peningkatan dan perbaikan motivasi praja. Program peningkatan bahasa yang relevan dan kegiatan juga dibahas sesuai dengan kesulitan bahasa praja yang dikomunikasikan dalam pertanyaan terbuka untuk meningkatkan motivasi mereka dalam belajar bahasa Inggris.