PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN HASIL BELAJAR SISWA DI PERUMAHAN GRAHA MAS SERPONG UTARA

المؤلفون

  • Zubairi Muzakki STAI AS SYUKRIYAH
  • Dahari Dahari STAI ASY-SYUKRIYYAH

DOI:

https://doi.org/10.36769/asy.v22i2.166

الكلمات المفتاحية:

Pengaruh، Perhatian، Orang Tua، Hasil Belajar

الملخص

Pendidikan merupakan kebutuhan dasar setiap manusiaPendidikan bukan sesuatu yang ada dengan sendirinya akan tetapi harus diusahakan oleh manusia. hal  ini  menjadi  landasan  bagi mayoritas  orang  tua  dan  penyelenggaran  pendidikan  baik  itu  dari  pihak  pemerintah  maupun dari  pihak  swasta  untuk  membangun  generasi  penerus. Riset ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh orang tua atau dalam hal ini adalah perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa yang dimana ini terjadi di era covid saat ini. Adapun metode penelitian nya adalah penelitian kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara perhatian orang tua terhadap hasil belajr siswa yakni berdasarkan uji F, F hitung sebesar 11,702 lebih besar dari F tabel sebesar 7,31 artinya Fhitung>FTabel Maka ada pengaruh perhatian orang tua terhadp hasil belajr siswa.

المراجع

Akbar, R., & Hawadi. 2004. Akselerasi: A-Z Program Percepatan Belajar dan Anak Berbakat Intelektual.Jakarta: Grasindo.

Dimyati. 2006. Belajar dan Pembeljaran. Jakrta: Rineka Cipta

Djiwandono, S. E. 2002. Psikologi Pendidikan.Jakarta: Grasindo. h.7

Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mohamad, N., Dahari, D., & Utama, M. M. A. (2021). Konsep Dan Strategi Menciptakan Pendidikan Karakter Di Madrasah. Jurnal Asy-Syukriyyah, 22(1): 60.

Nemeth, J., & Long, J. G. (2012). Assessing Learning Outcomes in U.S. Planning Studio Courses. Journal of Planning Education and Research, 32(4), 476-490.

Rita Ningsih. (2016). Pengaruh kemandirian Belajar,dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6(1): 76.

Rofiqul A’la dan Muhamad Rifa’i Subhi, (2016) “Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa,” Jurnal Madaniyah 6(2).: 249

Walgito, Bimo. 2002. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Wiyono, M. 2009. Profesionalisme Dosen dalam Program Penjaminan Mutu. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16 (1): 51-58.

Yamin, H.M. 2007. Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: GaungPersada Press.

Young, M. E., Klemz, B. R., & Murphy, J. W. (2003). Enhancing Learning Outcomes: The Effects of Instructional Technology, Learning Style, Instructional Methods and Student Behavior. Journal of Marketing Education, 25, 13

التنزيلات

منشور

2021-09-21

كيفية الاقتباس

Muzakki, Z., & Dahari, D. (2021). PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN HASIL BELAJAR SISWA DI PERUMAHAN GRAHA MAS SERPONG UTARA. Jurnal Asy-Syukriyyah, 22(2), 126–134. https://doi.org/10.36769/asy.v22i2.166