PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN HASIL BELAJAR SISWA DI PERUMAHAN GRAHA MAS SERPONG UTARA
DOI:
https://doi.org/10.36769/asy.v22i2.166Kata Kunci:
Pengaruh, Perhatian, Orang Tua, Hasil BelajarAbstrak
Pendidikan merupakan kebutuhan dasar setiap manusiaPendidikan bukan sesuatu yang ada dengan sendirinya akan tetapi harus diusahakan oleh manusia. hal ini menjadi landasan bagi mayoritas orang tua dan penyelenggaran pendidikan baik itu dari pihak pemerintah maupun dari pihak swasta untuk membangun generasi penerus. Riset ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh orang tua atau dalam hal ini adalah perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa yang dimana ini terjadi di era covid saat ini. Adapun metode penelitian nya adalah penelitian kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara perhatian orang tua terhadap hasil belajr siswa yakni berdasarkan uji F, F hitung sebesar 11,702 lebih besar dari F tabel sebesar 7,31 artinya Fhitung>FTabel Maka ada pengaruh perhatian orang tua terhadp hasil belajr siswa.
Referensi
Akbar, R., & Hawadi. 2004. Akselerasi: A-Z Program Percepatan Belajar dan Anak Berbakat Intelektual.Jakarta: Grasindo.
Dimyati. 2006. Belajar dan Pembeljaran. Jakrta: Rineka Cipta
Djiwandono, S. E. 2002. Psikologi Pendidikan.Jakarta: Grasindo. h.7
Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mohamad, N., Dahari, D., & Utama, M. M. A. (2021). Konsep Dan Strategi Menciptakan Pendidikan Karakter Di Madrasah. Jurnal Asy-Syukriyyah, 22(1): 60.
Nemeth, J., & Long, J. G. (2012). Assessing Learning Outcomes in U.S. Planning Studio Courses. Journal of Planning Education and Research, 32(4), 476-490.
Rita Ningsih. (2016). Pengaruh kemandirian Belajar,dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6(1): 76.
Rofiqul A’la dan Muhamad Rifa’i Subhi, (2016) “Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa,” Jurnal Madaniyah 6(2).: 249
Walgito, Bimo. 2002. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Wiyono, M. 2009. Profesionalisme Dosen dalam Program Penjaminan Mutu. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16 (1): 51-58.
Yamin, H.M. 2007. Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: GaungPersada Press.
Young, M. E., Klemz, B. R., & Murphy, J. W. (2003). Enhancing Learning Outcomes: The Effects of Instructional Technology, Learning Style, Instructional Methods and Student Behavior. Journal of Marketing Education, 25, 13
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Zubairi Muzakki, Dahari Dahari
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.