GANJARAN DALAM PENDIDIKAN PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Authors

  • Nur Afriyah Febriyani PTIQ Jakarta
  • Alexander Guci Alex Asy syukriyah

DOI:

https://doi.org/10.36769/asy.v23i1.236

Keywords:

Ganjaran, Pendidikan, al-Qur'an

Abstract

Ganjaran positif (apresiasi) dan ganjaran negatif (sanksi) dibolehkan dalam pendidikan dengan tujuan memperbaiki, ganjaran positif diberikan sebagai bentuk apresiasi (Az-Zalzalah: 7), sedangkan ganjaran negatif (sanksi) adalah bentuk-bentuk upaya bagi peserta didik untuk instropeksi (Az-Zalzalah: 8).Tujuan dari Penelitian Ini Menemukan bahwa ganjaran negatif(sanksi) tidak selalu berkonotasi negatif. Dalam Riset ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber utama tafsir klasik dan kontemporer.adapun hasil penelitian ini adalah Sanksi menjadi pertimbangan dalam proses belajar mengajar penting karena belajar adalah proses mengubah tingkah laku, dan penghargaan dapat merangsang rangsangan belajar siswa bertingkahlaku.

References

Abd-Baqi, Muhammad Fuad, Al-Mu’jam Al-Mufahras li Alfadz Al-Quran Al-Karim, Darul Fikri, Beirut, 1987.

Abdullah, Abdurrahman Shaleh, Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an, Jakarta: Rineka Cipta, 1994.

Ahmad, Abu Al-Husain bin Faris bin Zakariya, Mu’jam Maqâyis al-Lughah, Jilid II, Beirut: Dar-al-Fikr, 1399 H. /1979 M.

Akyuni, Qurrata, “Urgensi Reward dalam Pendidikan”, Serambi Tarbawi, jurnal studi pemikiran, Riset dan Pengembangan Pendidikan Islam, Vol. 01, No. 01, Januari 2013, ISSN 2303-2014.

Al-Ghazali, Abu Hamid, Ihya Ulum Ad-Din, Beirut: Daar Ihya At-Turaats, 1990, Jilid I.

Ali, Atabik dan Muhdhar, Ahmad Zuhri, Kamus Kontemporer Arab-Indonesia, Yogyakarta: Pondol Pesantren Krapyak, 1996.

Al-Rasyidin, Falsafah Pendidikan Islam, Bandung: Ciptapustaka Media Perintis.

Anas, Ibrahim dkk, al-Mu?jam al-Wasîth, Mesir: Majma? al-Lughah al-?Arabiyyah, 1972.

An-Nahlawi, Abdurrahman, Ushulut Tarbiyatil Islamiyah wa Aslibuha, terj. Herry Noer Ali, Prinsip-prinsip dan metode Pendidikan Islam, Bandung : Diponegoro, 1992.

Arief, Armai, Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Budiwi, Ahmad Ali, Imbalan dan Hukuman: Pengaruhnya bagi Pendidikan Anak, Jakarta: Gema Insani Press, 2002.

Chaplin, P. J, Kamus lengkap psikologi, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1998.

Depdikbud, Metode Khusus Program Pembentukan Perilaku Ditaman Kanak-kanak, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 1998.

Durkheim, Emile, Pendidikan Moral, terj, Lukas Ginting, Jakarta: Erlangga, 1990.

Echola, John M, dan Sadli, Hasan, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: Gramedia, 2003.

Fajrin, Rakhil, “Urgensi Reward dan Punishment dalam Pendidikan Anak Perspektif Psikologi Perkembangan”, Jurnal Pikir: Jurnal Studi Pendidikan, 2015, ejournal.staida-krempyang.ac.id

Fatah Yasin, “Penumbuhan Kedisiplinan sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik di Madrasah”, dalam Jurnal El-Hikmah IX, no. 1, 2013.

Gulen, Muhammad Fethullah, Cahaya Abadi Muhammad Saw Kebanggaan Umat Manusia, terj: Fuad Saefuddin, Jakarta: Republika, 2012.

Hadi, Sutrisno, Metodologi Research II, Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fak. Psikologi UGM, 1993.

Hafizh Suwaid, Muhammad Nur Abdul, Prophetic Parenting: Cara Nabi Mendidik Anak, penterjemah: Farid Abdul Aziz Qurusy, Yogyakarta: Pro-U Media, 2010.

Hamka, Tafsir Al-Azhar, juz 4, Singapura: Pustaka Nasional PTE LTD.

Hasibuan, Syahrul, Punishment in Islamic Education, Jurnal Madania, Vol. 2, No. 2, 2012.

http://www.kompasiana.com/nopalmtq/mengenal-arti-kata-tanggung jawab, diakses tgl. 16/07/2020 jam 07:20 WIB)

Imron, Ali, Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2012.

Indrakusuma, Amir Daien, Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1973.

Irmin, Soejitno dan Rochim, Abdul, Membangun Disiplin Diri Melalui Kecerdasan Spritual dan Emosional, …,.

Jauhari, Muhammad Insan, “Pendidikan Anti Kekerasan Perspektif Al-Qur’an dan Implementasinya dalam Metode Pengajaran PAI”, dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. XIII, No. 2, Desember 2016.

Kamaluddin, “Bimbingan Konseling Sekolah”, dalam Jurnal Penidikan dan Kebudayaan, vol. 17, No. 4, 2011.

Mahfud, Moh., “Hukuman Dalam Pendidikan Perspektif `Abdullah Nasih `Ulwan Dalam Kitab Tarbiyah ALl-Awlad fi Al-Islam”, Jurnal Islamuna Volume 3 Nomor 1 Juni 2016.

Mardalis, Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Mubarok Al-Barik, Haya Binti Mubarok, Ensiklopedi Wanita Muslimah, Jakarta: Darul Falah, 1422 H.

Muchtar, H., “Penerapan penilaian autentik dalam upaya peningkatan mutu pendidikan”, dalam Jurnal Pendidikan Penabur, 14(9), 2010

Mudhofir, A., Pendidik profesional: konsep strategi dan aplikasinya dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, Jakarta: Raja Grafindo Persada.2012.

Muhammad Al-Daghamain, Ziyad Khalil, Manhajiyyah Al-Bahth fi Al-Tafsir Al-Maudu’i li Al-Qur’an Al-Karim (Amman: Dar Al-Bashir, 1955.

Muhyatun, “Upaya Preventif Perilaku Menyontek Siswa Melalui Layanan Dukungan Sistem”, Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 02, 2019.

Mulang, Hastuti, “Pengaruh Layanan Bimbingan Kuratif Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI SMA NEGERI 13 Antang Manggala Makassar, dalam Jurnal Ilmu Manajemen, Volume 5 Nomor 1 Maret 2020 Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Islam Malang.

Mulia, Harpan Reski, “Metode Reward-Punishment konsep Psikologi dan Relevansi-nya dengan Islam Perspektif Hadits”, Religi, Volume. 13, Nomor. 2.

Munawwir, A. W, Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia, edisi Lux, t.t.

Mushlihin, “Pengertian Jazaa: Pendekatan Tafsir”, diakses tgl 18-11-2021

Muzakki, Jajang Aisyul, “Model Pemberian Hukuman dalam Pendidikan Islam”, AWLADY, Jurnal Pendidikan Anak, 2016, Syekhnurjati.ac.id.

Nata, Abuddin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.

Nurbaiti, Sanksi dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Pendidikan, Tangerang: CV. Qolbun Salim, 2014.

Ozdemir, Ferudun, Allah Dihatiku Allah dekalbim,Jakarta: Zahira, 2015.

Purwanto, Muhammad Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Rosdakarya, 2006.

Pusat Bahasa Depdiknas, Kamus Besar bahasa Indonesia, Jakarta: PT. Gramedia, 2004.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2004.

Sani, R. A., Inovasi pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.2013.

Sapri, “Alat Pendidikan: Reward dan Punishment dalam Perspektif Falsafah Pendidikan Islam”, dalam Jurnal Insania vol. 115, Nomor. 1, Januari-April 2010.

Setiawan, Wahyu, “Reward and Punishment dalam Perspektif Pendidikan Islam”, dalam Jurnal Al-Murabbi, Volume 4, Nomor 2, Januari 2018, ISSN 2406-775X.

Shihab, Muhammad Quraish dalam kata pengantar buku karangan: Ahmad Syukri Saleh, Metodologi Tafsir Al-Qur’an Kontemporer dalalm Pandangan Fazlur Rahman, Jambi: Sulthan Thaha press, 2007,, cet. I. Lihat juga: Ahmad Sa’id Al-Kumi, Al-Tafsir Al-Maudu’i. Lihat juga: ‘Abd Al-Hayy Al-Farmawi, Al-Bidayah fi al-Tafsir Al-Maudu’iyyah: Dirasah Manhajiyyah Maudu’iyyah.

Sudrajat, Ajat, “Mengapa Pendidikan Karakter?,”, dalam Jurnal Pendidikan Karakter1, no. 1 October 2011: 54, https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2008.

Sukmadnata, S. N, Pengembangan kurikulum teori dan praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000

Surya, Candra, Wahyu, Asep, “Sistem Informasi Peerhitungan Poin Pelanggaran Siswa Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) (Studi Kasus Di SMK As-Shofa Kabupaten Tasikmalaya)”, Jurnal TEKNOINFO, Vol. 14, No. 1, 2020, 59-65, ISSN: 2615-224X

Suwarno, Pengantar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1992.

Syafaruddin, Ilmu Pendidikan Islam: Melejitkan Potensi Budaya Ummat, Jakart: Hijri Pustaka Utama, 2009.

Syahidin, Metode Pendidikan Qur’ani Teori dan Aflikasi, Jakarta, Misaka galiza, 1999.

Syuaeb Kurdi dan Halim Purnomo, Memotivasi dengan Ganjaran, …, hal. 30.

Thalib, Muhammad, Pendidikan Islam metode 30 T, Bandung : Irsyad Baitus Salam 1996.

Walgito, B, Psikologi belajar, Yogyakarta: Departemen Psikologi Klinis dan Penyuluhan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, 1977

Warson, Ahmad Munawwir, Kamus al-Munawwir, Yogyakarta: t. tp. 1994.

Yahya, Harun, Memilih Alquran Sebagai Pembimbing Keutamaan Do’a Dan Do’a Para Nabi Dalam Alquran,Surabay: Risalah Gusti, 2004.

Downloads

Published

2022-06-17

How to Cite

Febriyani, N. A., & Alex, A. G. (2022). GANJARAN DALAM PENDIDIKAN PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Jurnal Asy-Syukriyyah, 23(1), 103–127. https://doi.org/10.36769/asy.v23i1.236