KURIKULUM MERDEKA DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

المؤلفون

  • Fathurohim Fathurohim STAI Sufyan Tsauri Majenang

DOI:

https://doi.org/10.36769/asy.v24i2.418

الكلمات المفتاحية:

kurikulum merdeka، filsafat Pendidikan Islam

الملخص

Artikel ini membahas tentang konsep kurikulum merdeka dalam perspektif filsafat pendidikan Islam. Kurikulum Merdeka mengacu pada peningkatan potensi, bakat, minat, dan keterampilan peserta didik melalui penggunaan teknologi dan digitalisasi dalam pelaksanaan pembelajaran. Filsafat pendidikan Islam memainkan peran penting dalam penyusunan kurikulum merdeka dengan menekankan integrasi antara Ilmu Keislaman dan Ilmu Umum, pengembangan keterampilan hidup, dan pendidikan karakter. Penelitian ini memanfaatkan metode kualitatif dengan menggunakan studi kepustakaan untuk menganalisis sifat-sifat kurikulum pendidikan Islam dan Kurikulum Merdeka dari sudut pandang Filsafat Pendidikan Islam. Kurikulum Merdeka mencerminkan nilai-nilai fundamental dan prinsip-prinsip pendidikan yang sesuai dengan ajaran Islam, dengan fokus pada pengembangan karakter, nilai moral, dan etika Islam. Integrasi Alquran dan Hadis menjadi bagian integral dari Kurikulum Merdeka, dan tujuan pendidikan menekankan aspek moral, spiritual, dan sosial peserta didik.

المراجع

Zaidan Aimar Khadafi, Cindy Oktariani, Muhammad Asri, and Salsa Bila Pridai Silalahi, ‘Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam’, Journal Ability : Journal of Education and Social Analysis, 4.3 (2023), 1–7

Adhi Kusumastuti, and Ahmad Mustamil Khoiron, Metode Penelitian Kualitatif, ed. by Fitriatun Annisya and Sukarno, 1st edn (Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP), 2019), I

Agus Salim, ‘KURIKULUM DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM’, Jurnal EduTech, 5.2 (2019)

Asry, Lenawati, and Depi Juliana SPdI, ‘KONSEP DAN ORIENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM’

———, KONSEP DAN ORIENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM

Badrut Tamam, and Muhammad Arbain, ‘Inklusifitas Pengembangan Kurikulum Agama Berbasis Pesantren’, MISYKAT AL-ANWAR: JURNAL KAJIAN ISLAM DAN MASYARAKAT, 03.02 (2020), 218–52

Darise, Gina Nurvina, Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan [FTIK] IAIN Manado Volume 02 Nomor 02 2021 Journal of Islamic Education: The Teacher of Civilization

Dr. Basri Bado, S. Pd., M.Si, MODEL PENDEKATAN KUALITATIF: TELAAH DALAM METODE PENELITIAN ILMIAH, ed. by Tahta Media, 1st edn (Klaten: TAHTA MEDIA GROUP, 2022), I

Dr. Rukiyati, M. Hum., and M. Hum. L. Andriani Purwastuti, MENGENAL FILSAFAT PENDIDIKAN

Elihami, E, and A Syahid, ‘Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami’, Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 2.1 (2018), 79–96

Hisarma Saragih, Stimson Hutagalung, Arin Tentrem Mawati Dina Chamidah, Muh. Fihris Khalik, Sahri, Paulina Wula Bonaraja Purba, and others, Filsafat Pendidikan, ed. by Abdul Karim, 1st edn (Meda: Yayasan Kita Menulis, 2021), I

Hj. Lidiawati, SE., M. Pd., S. Pd , M.Pd. Indri Lastriyani, S.Ag, M.M. Uce Gunawan, S.Pd., M.M. Berliana, S.Ag. MM. M.Kes. Ida Farida Fitriyani, S.H, M.M. M. Asif Nur Fauzi Margono, and others, Kurikulum Merdekam Belajar Analisis Implementasi Pengelolaan Dan Evaluasi, ed. by Prof. Ade Tuti Rochayati Rosa, 1st edn (Purbalingga: PENERBIT CV.EUREKA MEDIA AKSARA, 2023), I

Maulyna Azizah, Lili, Vianda Yustia Ekadaya, Lutfiatus Silfiani, Wilujeng Handayani Prayitno, Mahfirotul Qibtiyah, Denny Aulia Rachmawati, and others, PENGEMBANGAN KURIKULUM

Muhammad, Yunan, M Harahap, and I Pd, ESENSI KURUKULUM DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

Noorzanah, ‘KONSEP KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN ISLAM’, Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15.28 (2017), 68–75

Nurlaeli, Fitriana, and Bunyanul, ‘MERDEKA BELAJAR DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DAN IMPLEMENTASINYA DI SMK ISLAM INSAN MULIA’, Tadarus Tarbawy, 3.2

Nurrizqi, Afida, Uin Sunan, and Kalijaga Yogyakarta, KARAKTERISTIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH PRESPEKTIF KEBIJAKAN PENDIDIKAN, Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2021, III <https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang>

Pendidikan, Konsep, Merdeka Belajar, Perspektif Filsafat, Jems Sopacua, and Muhammad Rijal Fadli, ‘Konsep Pendidikan Merdeka Belajar Perspektif Filsafat Progresivisme The Emancipated Learning Concept of Education in Progressivism Philosophy Perspective’, Potret Pemikiran, 26.1 (2022), 1–14 <http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/PP>

Rahman Prasetyo, Arif, and Tasman Hamami UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, ‘PRINSIP-PRINSIP DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM’, PALAPA : Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 8.1 (2020)

Rosyidah, Inayatur, ‘RELEVANSI ILMU PENGETAHUAN, FILSAFAT, LOGIKA DAN BAHASA DALAM MEMBENTUK PERADABAN’, 19 El-Harakah, 12.1 (2010)

Rubingah, Nurur, Jl A Yani, Kec Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Pipit Saraswati Indriasari, and others, Kurikulum Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Esensialisme Endang Fauziati, Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 2023, I

———, Kurikulum Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Esensialisme Endang Fauziati, Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 2023, I

Sabrifha, Eli, M. Fahli Zatrahadi, and Istiqomah Istiqomah, ‘Penerapan Prinsip Manajemen Pendidikan Islam Dalam Pengembangan Kurikulum Sekolah Islam: Menggunakan Tinjauan Scientific Literature Review’, Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9.1 (2023), 170 <https://doi.org/10.29210/1202322932>

Sungkowo, KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK (KOMAPARASI PEMIKIRAN AL-GHAZALI DAN BARAT)

Susilawati, Nora, ‘Merdeka Belajar Dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme’, Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2.3 (2021), 203–19 <https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108>

التنزيلات

منشور

2023-12-14

كيفية الاقتباس

Fathurohim, F. (2023). KURIKULUM MERDEKA DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Asy-Syukriyyah, 24(2), 184–194. https://doi.org/10.36769/asy.v24i2.418