IMPLEMENTASI KURIKULUM PAI TEMATIK INTEGRATIF SMK IMTAQ DARURRAHIM JAKARTA

Penulis

  • Zuhri Fahruddin STAI PTDII Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36769/asy.v24i1.325

Kata Kunci:

Implementasi Kurikulum PAI, Tematik Integratif, SMK Imtaq Darurrahim

Abstrak

Salah satu faktor yang mengakibatkan belum maksimalnya pencapaian tujuan PAI di sekolah adalah belum adanya perencanaan kebijakan secara komprehensif yang dibutuhkan bagi pelaksanaan dan pengembangan PAI di sekolah. Karena kebijakan yang selama ini ada seakan belum mampu menjawab persoalan-persoalan yang dihadapi oleh pendidikan agama di sekolah dalam tataran yang lebih substantif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Kurikulum tematik integratif PAI dalam pembelajaran di selenggarakan melalui berbagai metode dan media. Dengan perpaduan metode pembelajaran yang diterapkan dan media yang digunakan tidak sebatas papan tulis, tetapi juga semua fasilitas dan prasarana yang terdapat di sekolah serta bahan ajar yang dapat memotivasi siswa untuk lebih kreatif dan inovatif menyenangkan.

Referensi

Abdurrahman an-Nahlawi. Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga di Sekolah dan di Masyarakat Terjemah dari Usul Al Tarbiyah Al Islamiyah Wa Asaalibihaa Fii al Baiti Wa al Madrasati Wa al Mujtama’ Oleh Hery Noer Aly. Jakarta, 1996.

Chabib Thoha, Abdul Mu’thi. PBM-PAI di Sekolah. Yogyakarta, 1998.

H.Abul A’la Almaududi, S.HI,M.Pd. Guru PAI SMK Imtaq Darurrahim Jakarta, November 3, 2022. Jakarta Utara.

Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, 2012.

Mappanganro. Implementasi Pendidikan Islam di Sekolah. Ujungpandang, 1996.

Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta, 2005.

Nanang Fattah. Manajemen Berbasis Sekolah, Strategi Pemberdayaan Sekolah dalam Rangka Peningkatan Mutu dan Kemandirian Sekolah. Bandung, 2000.

Nasution A. Hakim. Landasan Matematika. Jakarta, 1980.

Oemar Hamalik. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung, 2007.

“Perubahan Kedua Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.” n.d.

Sukmadinata Nasution. Metode Penelitian Naturalistik-Kualittaif. Bandung, 2006.

Thoha Chabib. Kapita Selekta Pendidikan. Yogyakarta, 1996.

“Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” n.d.

Winarno Surakhmad. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode dan Teknik. Bandung, 1997.

Zakiah Darajat. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Bumi Akasara, 2001.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-12

Cara Mengutip

Zuhri Fahruddin. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM PAI TEMATIK INTEGRATIF SMK IMTAQ DARURRAHIM JAKARTA. Jurnal Asy-Syukriyyah, 24(1), 48–68. https://doi.org/10.36769/asy.v24i1.325