Etika Pendidik dan Peserta Didik Dalam Perspektif Hadist

Authors

  • Sylvia Putri Agustiana Universitas Nahdatul Ulama Jepara
  • Amirudin Muslimin Universitas Nahdatul Ulama Jepara
  • Ana Rahmawati Universitas Nahdatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v2i2.373

Keywords:

etika pendidik, etika peserta didik, perspektif hadist

Abstract

Berbicara mengenai etika pendidik dan peserta didik dalam perspektif hadist, tidak lepas dari perkataan dan perbuatan yang menjadi dasar beretika. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana cara beretika seorang pendidik kepada peserta didik maupun cara beretika seorang peserta didik kepada pendidik yang diatur dalam perspektif hadist menurut hadis Imam Tirmidzi, Ibnu Majah, Dan Imam Bukhori. Jenis riset yang digunakan adalah penelitian kepustakaan sebagai dasardengan literasi (dokumen) berupa buku hadist tarbawiy. Metode analisis data dengan analisis isi dan induktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa etika pendidik dan peserta didik menurut hadist yang diriwayatkan oleh imam tirmidzi hadits ini mengajarkan kepada pendidik dan peserta didik untuk membaca doa sebelum memulai dan mengakhiri pembelajaran, Didalam kelas, peserta didik hendaknya tidak mengganggu temannya, menurut  ibnu majah pendidik pendidik dan peserta didik memiliki ikatan yang baik dalam kegiatan mengajar, menurut imam bukhori pendidk dan peserta didik dapat mencontoh perilaku Nabi Muhammad.

References

Abadi, T. W. (2016). Aksiologi: Antara etika, moral, dan estetika. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 187–204. https://kanal.umsida.ac.id/index.php/kanal/article/view/1630

Afifuddin, & Saebani, B. A. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pustaka Setia.

Annas, A. N. (2017). Manajemen Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Spiritual Pendidikan Islam. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 132–142. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/399

Badrun, F. (2006). Etika Bisnis dalam Islam. Kencana Prenada Media Group.

Daryanto, D. (2013). Standar Kompetensi dan Penilaian Guru Profesional. Gava Media.

Djamarah, S. B. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. PT. Rineka Cipta.

Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Bumi Aksara.

Harahap, N. (2014). Penelitian Kepustakaan. Iqra’: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 8(1), 68–74.

Rukiyati, R. (2018). Etika Pendidikan. CV Andi Offset.

Saihu, M. M., & Aziz, A. (2020). Implementasi Metode Pendidikan Pluralisme Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 131–150. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/belajea/article/view/1037

Siregar, E. (2023). Peran orangtua dalam membentuk karakter anak di Kelurahan Merbau Kecamatan Merbau Kabupaten Labuhanbatu Utara [PhD Thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan]. http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9024

Solahudin, M., & Suryadi, A. (2011). Ulumul Hadis. Pustaka Setia.

Sutisna, U. (2020). Etika Belajar Dalam Islam. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 49–58. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/4902

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Agustiana, S. P., Muslimin, A., & Rahmawati, A. (2023). Etika Pendidik dan Peserta Didik Dalam Perspektif Hadist. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 81–87. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v2i2.373