Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v1i2.241Keywords:
pembelajaran jarak jauh, minat belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran jarak jauh terhadap minat belajar siswa kelas VI MI Asy-Syukriyyah tahun pelajaran 2020/2021. Dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu pembelajaran online sebagai variabel bebas (X) dan minat belajar sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner. Instrumen angket telah diuji dan dinyatakan valid dan reliabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI MI Asy-Syukriyyah dan sampel diambil dengan menggunakan teknik slovin sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 siswa. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan linieritas, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan perbedaan yang signifikan antara pembelajaran jarak jauh dengan minat belajar di MI Asy-syukriyyah. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian ini yang menunjukkan bahwa berdasarkan tabel 3 dapat dilihat nilai sig = 0,000 < 0,05 maka disimpulkan ada pengaruh variabel bebas pembelajaran jarak jauh (X) terhadap hasil belajar siswa. (Y).
References
Achru, A. ( 2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah, Vol. III, No. 2, 206.
Anggy Giri Prawiyogi, A. P. (n.d.). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa Di Sdit Cendekia Purwakarta. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar P-ISSN 2086-7433 E-ISSN 2549-5801, hal. 95., 95.
Indriani, T. ( 2021). Gambaran Stres Akademik Saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Siswa Di Smk Negeri 1 Godean Tahun Pelajaran 2020/2021. Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol.6, No.1, 1.
Kentnor, H. (2015). Distance Education and the Evolution of Online Learning in the United States. Curriculum and Teaching Dialogue Volume 17, Numbers 1 & 2, 2015, pp. 21–000.
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi . Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110. 10.24235/ileal.v3i1.1820.
Marija, B. (2012). Distance Learning – concepts and contributions. Prethodno priopćenje UDK: 37.018.43:004 Oeconomica Jadertina.
Pandey, D. (2013). History Development and Present of Distance Education in India. International Journal of Trends in Economics Management & Technology (IJTEMPT).
Pant, A. (2014). Distance Learning: History, Problems and Solutions. Advances in Computer Science and Information Technology (ACSIT).
Qomariah, L. d. (2017). Ringkasan Buku Metode Penelitian Survey. Pekan Baru: UIN Siska Riau.
Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa Ma Al Fattah Sumbermulyo. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Volume 1, No. 1, 26.
Susanti, S. (2020). Praktik Pembelajaran Sejarah Pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 103.
Solihin, R. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TAHFIDZ AL-QURAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(02), 154–163. https://doi.org/10.36769/asy.v21i02.108
Solihin, R., Muin, M. T., & Iqbal, M. (2021). Distance Learning: The Effectiveness Studies In College Students. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(1), 57–72. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i1.709
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.