Strategi Guru Dalam Meningkatkan Karakter Islam Siswa di Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v1i2.286Kata Kunci:
Karakter Islami, Guru, StrategiAbstrak
Pendidikan memiliki peran yang sangat penting, membawa perubahan dalam kehidupan masyarakat serta membawa dampak positif dan negatif. Dampak negatif dari munculnya penurunan perilaku moral siswa memerlukan strategi pendidikan yang benar-benar efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi guru dalam meningkatkan karakter Islami di MI Khoirul Huda Tangerang, sebagai sumber data primer adalah kepala sekolah, wakasek kurikulum, dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, pemadatan, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa strategi yang dilakukan guru yaitu: Strategi pendidikan dengan pembiasaan; Strategi pendidikan dengan strategi keteladanan; Strategi pendidikan dengan nasehat; Strategi dengan pemberian reward.
Referensi
Departemen Pendidikan Nasional, and Depdiknas. 2003. “Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum 6.
Fadilah, Rabi’a, Wahab Syakirul Alim, Ainum Zumrudiana, Iin Wdya Lestari, Achmad Baidawi, and Alinea Dwi Elisant. 2010. Pendidikan Karakter. Vol. 1. edited by M. I. Ariful Fathoni. Bojonegoro: CV Agrapana Media.
Hasan, Muhammad Tholchah, Soetandyo, Solikin Abdul Wignjosoebroto Wahab, Islamy, M. Irfan, Maskuri Bakri, and Hadi Sutopo. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Tinjauan Teoritis Dan Praktis. Malang: Visipress Media.
Junaedi, Muhammad. 2018. “Strategi Guru Pai Terhadap Pembentukan Akhlak Peserta Didik Sdn 216 Dualimpoe Kecamatan Maniangpajo Kabupaten Wajo.” Skripsi Program Strata Satu Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, UIN Alauddin Makasar.
Maghfiroh, Wasi’ul. 2020. “Dampak Teknologi Informasi ( IT ) Terhadap Dunia Pendidikan.” IAIN Kediri 3(01):241–54.
Moleong, J. Lexy. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhammad, Pemikiran, Athiyah Al, Demokrasi Pendidikan, and D. A. N. Implikasinya. 2015. “Pemikiran Muhammad Athiyah Al-Abrasyi Tentang Demokrasi Pendidikan Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam.”
Mulyasa, E. 2018. Managemen Pendidikan Karakter. Ke enam. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurhasan, Maemunah Sa’diyah, and Muhammad Fahri. 2019. “Staregi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Di Smp Negeri 14 Bogor.” Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora 4(2):537–42. doi: 10.32696/jp2sh.v4i2.335.
Oktari, Dian Popi, and Aceng Kosasih. 2019. “Pendidikan Karakter Religius Dan Mandiri Di Pesantren.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 28(1):42. doi: 10.17509/jpis.v28i1.14985.
Remiswal, Remiswal, Abdul Basit, and Fauzan Azmi. 2021. “Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah Melalui Surau.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 10(2):168. doi: 10.32832/tadibuna.v10i2.4766.
Solihin, Rahmat, Muhammad Iqbal, and Muhammad Tamsil Muin. 2021. “KONSTRUKSI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN.” Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme 3(2):85–94.
Wulan Desi Maulani, Maemunah Sa’diyah. 2019. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Di Sma Negeri 2 Kota Bogor.” Jurnal Mitra Pendidikan 3(4):557–58.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.