Implementasi Autentik Assessment pada Pembelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah
DOI:
https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v2i1.323Kata Kunci:
Fikih, Penilaian Otentik, ImplementasiAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji Asesmen Otentik pada Pembelajaran Fikih Kelas IV di MTsN Magetan 8 dan mengkaji hasil asesmen autentik pada mata pelajaran Fikih kelas IV di MTsN 8 Magetan. Penelitian tesis ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen untuk mengumpulkan data, dan untuk memperkuat validitas data yang ditemukan dan keaslian penelitian, mereka mengacu pada standar validitas data seperti kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas . Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian autentik mata pelajaran Fikih dilaksanakan di MTsN Magetan 8 pada awal pembelajaran, selama pembelajaran, dan setelah pembelajaran. Penilaian dalam pembelajaran Fikih dilakukan secara terpadu. Penilaian ini dilakukan untuk mencapai kompetensi dalam Kurikulum 2013, dengan kegiatan pembelajaran meliputi tiga aspek penilaian yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Beberapa teknik penilaian yang digunakan dalam proses penilaian autentik untuk mata pelajaran Fikih antara lain tes tertulis, tes tertulis, penugasan, praktik, proyek, portofolio, observasi, penilaian diri, penilaian peer-to-peer, dan jurnal guru.
Referensi
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta:Gava Media.
Daryanto. (2014) PendekatanPembelajaran Saintifik Kurikulum 2013, Yogyakarta:Gava Media
Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. (2016). Panduan Penilaian di Sekolah Dasar, Jakarta: DirjenDikdasmen.
Idris, Mimi Musmiroh. Asyafah, Abas. (2020). Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, JKPIs: Jurnal Kajian Peradaban Islam, Vol. 3, No. 1.
Khaeruddin, dkk. (2007) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Yogyakarta: Pilar Media.
Sanjaya, Wina. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Suyanto, Slamet. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Penerbitan Hikayat.
Umami, M. (2018). Penilaian Autentik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 222–232. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.2259
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.