Peran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Siswa SMP Paramarta Unggulan Ciputat Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v2i2.414Kata Kunci:
Keywords: Peran PAI and Karakter SiswaAbstrak
Pendidikan agama islam merupakan suatu usaha yang direncanakan melalui penanaman nilai-nilai islam dalam jiwa, rasa, dan pikiran. Sehingga pendidakan agama islam menjadi suatu system yang bisa membentuk sikap dan kepribadian seseorang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah swt. Pendidikan karakter menjadi sebuah jawaban yang tepat dalam menghadapi permasalahan-permasalahan yang terjadi seperti yang telah disebutkan diatas dan sekolah sebagai lembaga pendidikan diharapkan bisa mewujudkan misi dari pendidikan karakter tersebut. Karakter tanggung jawab dapat berbentuk mengerjakan soal, mengikuti kegiatan pembelajaran sampai selesai. Namun fenomena pada saat ini kebanyakan peserta didik yang tidak mengerjakan soal dengan baik dikarenakan banyak peserta didik yang lebih suka bermain di kelas dan tidak mendengarkan guru pada saat proses pembelajaran dikarenakan peserta didik lalai dalam tanggung jawabnya bahwa tanggung jawab peserta didik adalah belajar dan kebanyakan jaman sekarang peserta didik lebih suka bermain daripada belajar dirumah.
Referensi
Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2016), .
Anselm Strauss dan Juliet Corbin, Dasar-dasar Penelitian Kualitatif (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, t.t.),.
Basrowi dan Suwandi, Memahami Penelitian Kualitatif (Jakarta: Rineka Cipta, 2008),
M. Djunaidi Ghony dan Faozan Almanshur, Metode Penelitian Kualitatif (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012),
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif (Bandung: Alfabeta, 2014), 7
Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (Bandung: Alfabeta, 2011),
Imam Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik (Jakarta: Bumi Aksara, 2013
Haris Herdiansyah, Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial (Jakarta: Salemba Humanika, 2012),
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.