Manajemen Pembelajaran PAI Berbasis E-Learning di Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v2i2.417Kata Kunci:
E-learning, manajemen, PAIAbstrak
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan. Berbagai jenis media pembelajaran seperti komputer dan jaringan internet menjadi kunci dalam pelaksanaan pembelajaran e-learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran berbasis e-learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-learning dilakukan oleh penyelenggara e-learning (LPTIK) dan guru mata pelajaran PAI di Madrasah Ibtidaiyah dengan metode formatif dan sumatif. Untuk evaluasi formatif, guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyimpulkan materi Pendidikan Agama Islam. Evaluasi komprehensif dilakukan pada akhir semester. Memang untuk pembelajaran e-learning terdapat beberapa kendala di antaranya adalah kemampuan guru dalam mengoperasikan perangkat, kualitas perangkat dan jaringan, serta kendala lain. Namun, pembelajaran e-learning tetap menjadi pilihan yang baik dan masih bisa terus dikembangkan, karena pendidikan yang berbasis teknologi akan terus berlanjut dan berkembang seiring berjalannya waktu.
Referensi
Abadi, Ghafiqi Faroek. 2015. “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning.” 22(i):127–38.
Akbar, Khairul, Hamdi Hamdi, Lalu Kamarudin, and Fahruddin Fahruddin. 2021. “Manajemen POAC Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus BDR Di SMP Negeri 2 Praya Barat Daya).” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 7(1):167.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran . Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Depdiknas. 2003. “Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum 6.
Halik, Abdul. 2019. Manajemen Pembelajaran Berbasis Islam . edisi pertama. diedit oleh A. Juhari. sulawesi selatan: Global RCI.
Hanif, Muhammad. 2021. PESANTREN MANAJEMEN KURIKULUM . Malang: CV. Pemuda Mendidik Alamat:
Harahap, Nursapia. 2020. Penelitian Kualitatif . diedit oleh Hasan Sazali. Medan: Wal ashri Publishing.
Lubis, Masruroh, Dairina Yusri, dan Media Gusman. 2020. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning.” Fitrah: Jurnal Pendidikan Islam (FJIE), Vol. 1 No. 1Juli 2020 1(No.2):1–18.
Petta Solong, Najamuddin. 2021. “Manajemen Pembelajaran Luring Dan Daring Dalam Pencapaian Kompetensi.” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 9(1):19–32.
Raco, J. .. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, Dan Keunggulannya . Pertama. Jakarta: PT Grasindo, Jalan Palmerah Selatan 22 - 28, Jakarta 10270.
Rohidin, Ryan Zeini, Rihlah Nur Aulia, and Abdul Fadhil. 2015. “Model Pembelajaran PAI Berbasis E-Learning.” Jurnal Online Studi Al-Qur'an 11(2):114–28.
Simanihuruk, Lidia, Janner Simarmata, Acai Sudirman, M. Said Hasibuan, Meilani Safitri, Oris Krianto Sulaiman, Rahmi Ramadhani, and Syafrida Hafni Sahir. 2019. E-Learning Implementasi, Strategi,Dan Inovasinya . Medan: Yayasan Kita Menulis.
Subadi, Tjipto. 2006. Metode Penelitian Kualitatif . Pertama. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Press.
Syahril, Nurlian Nasution; Nizwardi Jalinus dan. 2019. BUKU PELAJARAN BLENDED MODEL . Vol. pertama.
Toha, Muhammad. 2016. Manajemen Pendidikan Islam Konseptuual Dan Operasional . Surabaya: Buku Pustaka Radja.
Usman, Husaini. 2013. Manajemen Teori Praktik Dan Riset Pendidikan . edisi ke-4 diedit oleh Suryani. Jakarta: Bumi Aksara.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.