Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam pada Materi Multikultural

Penulis

  • Abdul Muchlis Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v2i2.442

Kata Kunci:

pengembangan, kurikulum, pendidikan, multikultural

Abstrak

Artikel ini mempunyai tujuan untuk meengkaji pengembangan kurikulum pendidikan Agama Islam pada materi multikultural. Peneliti menggunakan metode studi pustaka di mana peneliti berusaha menemukan, menyusun dan menganalisis berbagai sumber informasi melalui sumber yang relevan terkait dengan pembahasan ini. Peneliti tertarik untuk membahas tentang pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam pada materi multikultural karena peneliti melihat hal ini sangat penting, dimana zaman sekarang sering terjadi konflik hanya karena berbeda pendapat antar suku, ras, agama. Hal ini terjadi juga pada dunia pendidikan, sehingga peneliti ingin menganalisis hal tersebut. Adapun kesimpulan pada penelitian ini ialah bahwa dalam mengembangkan kurikulum pendidikan agama Islam hendaknya mempunyai komponen tujuan pendidikan nasional. Kemudian kurikulumnya harus memperhatikan unsur-unsur afektif, seperti menerima, menanggapi sebuah nilai, dan berorganisasi. Selain ini juga harus ada unsur  psikomotorik, seperti meniru, mengamati, menyesuaikan diri dan berlatih.  Pengembangan kurikulum pada materi multikultural ini perlu dijadikan bahan pertimbangan, guna mendukung moderasi beragama yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia. Demi mewujudkan kerukunan antar masyarakat dalam berbeda, agama, ras, etis dan budaya.

Referensi

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.

Agustian, M. (2019). Pendidikan Multikultural. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.

Aly, A. (2015). Studi deskriptif tentang nilai-nilai multikultural dalam pendidikan di pondok pesantren modern Islam Assalaam. Jurnal Ilmiah Pesantren, 1(1), 9–24.

Baharun, H., & Awwaliyah, R. (2017). Pendidikan Multikultural dalam Menanggulangi Narasi Islamisme di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(2), 224–243.

El Khuluqo, I., & Istaryatiningtias, D. (2022). Modul Pembelajaran Manajemen Pengembangan Kurikulum. Feniks Muda Sejahtera.

Firmansyah, F. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 5(2), 164–169.

Gofur, M. A., Junedi, J., & Nursikin, M. (2022). Prinsip-Prinsip Inovasi dan Pengembangan Kurikulum PAI. Educational Journal of Islamic Management, 2(2), 81–88.

Hakim, A. R., & Darojat, J. (2023). Pendidikan multikultural dalam membentuk karakter dan Identitas Nasional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1337–1346.

Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52–75.

Kurniawan, A., Mahmud, R., Rahmatika, Z., Mustofa, M., Jumini, S., Winarti, P., Puling, D., Magalhaes, A. D. J., Pane, E. P., & Maksum, M. N. R. (2022). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Global Eksekutif Teknologi.

Lathifah, A., & Prastowo, A. (2021). Analisis Upaya Pengembangan Karakteristik Siswa Dalam Tujuan Kurikulum 2013 Di Sd’aisyiyah Kota Lubuklinggau. TAZKIRAH, 6(2), 1049–1071.

Malla, H. A. B. (2017). Pembelajaran pendidikan agama islam berbasis multikultural humanistik dalam membentuk budaya toleransi peserta didik di SMA negeri model madani palu, sulawesi tengah. Inferensi, 11(1), 163.

Musthofa, M., & Illahi, N. (2023). Metode Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 20–37.

Ningsih, I. W., Mayasari, A., & Ruswandi, U. (2022). Konsep Pendidikan Multikultural di Indonesia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1083–1091.

Nurmadiah, N. (2014). Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 2(2).

Purwanto, J. (2013). Pendidikan Multikultural Dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Non-Bse Untuk Siswa Smp Di Surakarta. UNS (Sebelas Maret University).

Rahmah, A. A., & Nasryah, C. E. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Evaluasi Pembelajaran.

Rahmawati, R. K. N., & Rahman, M. (2019). Konsep Pendidikan Multikultural dalam Menciptakan Sistem Kelembagaan Yang Harmoni. Akademika, 13(01).

Syaâ, M. (2017). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Terpadu di Sekolah. AL-IBRAH, 2(1), 60–87.

Wahid, A. (2016). Konsep pendidikan multikultural dan aplikasinya. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 3(2).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-29

Cara Mengutip

Muchlis, A. (2024). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam pada Materi Multikultural. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 94–99. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v2i2.442