New Paradigm Madrasah Ibtidaiyah Learning Assessment Science

Penulis

  • Mhd Saleh STAI ALHIKMAH Jakarta
  • Mohamad Maulidin Alif Utama STAI Asy-Syukriyyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v3i1.491

Kata Kunci:

Learning Assessment, Science Learning, New Learning Paradigm

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kelemahan asesmen pembelajaran sains dan mendeskripsikan secara kritis asesmen pembelajaran sains dengan paradigma baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode library research. Data penelitian ini diambil dari buku, modul, penelitian dan pedoman Kurikulum Merdeka. Data dianalisis dengan kritis dan disajikan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan asesmen pembelajaran sains merupakan asesmen yang berorientasi kompetensi abad 21, student center, berbasis perkembangan siswa dan asesmen berdiferensiasi. Berdasarkan analisis peneliti, asesmen pembelajaran sains perlu upaya perencanaan maksimal yang membutuhkan waktu lebih banyak dan dilakukan oleh dua guru untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi sudah bisa diterapkan dengan tetap memperhatikan tingkat perkembangan kompetensi siswa. Pengolahan dan pelaporan asesmen pembelajaran sains SD disajikan dengan informatif dari asesmen formatif dan sumatif yang mencerminkan pencapaian kompetensi berupa deskripsi dan digunakan sebagai tindak lanjut proses pembelajaran bagi guru siswa dan orang tua.

Referensi

Afriani, R. (2019). Analisis Penilaian Hasil Belajar IPA Pada Implementasi Kurikulum 2013 SMPN 2 Sintang Kalimantan Barat. Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(2).

Al Idrus, S. W. (2022). Implementasi STEM terintegrasi etnosains (Etno-STEM) di Indonesia: Tinjauan meta analisis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2370-2376.

Al-Kansa, B. B., Agustini, S., & Rustini, T. (2022). Pengaruh Pembelajaran IPS Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas 6 di SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 12911-12917.

Aprianti, A., & Maulia, S. T. (2023). Kebijakan Pendidikan: Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum Pendidikan Bagi Guru Dan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(1), 181-190.

Badan Pusat Statistik. Statistik Telekomunikasi Indonesia 2020. Kementerian Komunikasi dan informatika. Jakarta: 2020

Batubara, H. S., Riyanda, A. R., Rahmawati, R., Ambiyar, A., & Samala, A. D. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19: Meta-Analisis. Jurnal Basicedu, 6(3), 4629-4637.

Heryahya, A., Herawati, E. S. B., Susandi, A. D., & Zulaiha, F. (2022). Analisis kesiapan guru sekolah dasar dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(2), 548-562.

Indarta, P., & Elan, R. (2021). Pengaruh Beban Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Turnover Intention pada PT. Pudak Scientific. Economics Professional in Action (E-Profit), 3(1).

Jusuf, H., & Sobari, A. (2022). Pembelajaran paradigma baru kurikulum merdeka pada Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(2), 185-194.

Musfah, J. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan Mengurai Krisis Karakter Bangsa. Prenada Media.

Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan persepsi calon guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(1).

Nurjanah, S. (2021). Objek Asesmen Dalam Perspektif Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 85-91.

Pantiwati, Y., & Nyono, N. (2020, March). Asesmen autentik dalam kegiatan praktik pembelajaran sains. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi.

Puspitarini, D. (2022). Blended learning sebagai model pembelajaran abad 21. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 1-6.

Rahayu, S., & Kejora, M. T. B. (2022). Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran Online di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Pendidikan, 10(1), 89-103.

Sari, R. A. (2012). Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap corporate social responsibility disclosure pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia. Nominal Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 1(2), 124-140.

Siswati, B. H., & Corebima, A. D. (2021). Pembelajaran IPA & Biologi di Indonesia (belum memberdayakan keterampilan berpikir). PT Teguh Ikhyak Properti Seduluran (Penerbit TIPS).

Sufyadi, S., Lambas, L., Rosdiana, T., Rochim, F. A. N., Novrika, S., Iswoyo, S., ... & Mahardhika, R. L. (2021). Pembelajaran paradigma baru.

Wahyudiono, A. (2023). Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Tantangan Era Society 5.0. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 124-131.

Weintrop, D., Beheshti, E., Horn, M., Orton, K., Jona, K., Trouille, L., & Wilensky, U. (2016). Defining computational thinking for mathematics and science classrooms. Journal of science education and technology, 25, 127-147.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-29

Cara Mengutip

Saleh, M., & Alif Utama, M. M. (2024). New Paradigm Madrasah Ibtidaiyah Learning Assessment Science. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v3i1.491